Kemandirian Pangan, Vertikultur Jadi Solusi Pertanian di Perkotaan

YOGYA, KRJOGJA.com – Berbeda dengan perguruan tinggi lainnya, mahasiswa Polbangtan Yoma dituntut untuk terus mampu berfikir kreatif dan berperan aktif demi menciptakan kemandirian pangan bangsa. Salah satunya adalah dengan budidaya tanaman vertikultur.  

Teknologi vertikultur merupakan teknologi tanam vertikal sehingga tidak membutuhkan lahan yang luas untuk bercocok tanam. Teknologi ini dikenalkan kepada mahasiswa Polbangtan semester V melalui Mata Kuliah Teknologi Budidaya Pertanian Perkotaan. Mahasiswa sudah mulai mempraktikkan vertikultur di lingkungan kampus sejak bulan November 2018 dan sampai sekarang sudah menikmati panen sebanyak dua kali. Mereka begitu antusias melakukan budidaya ini, terbukti saat hari libur pun mereka tetap terus bersemangat merawat tanaman vertikulturnya seperti pada hari ini. 

“Kenapa saya merelakan hari libur saya demi vertikultur-vertikultur ini karena vertikultur banyak sekali manfaatnya, selain untuk menghemat lahan kita juga bisa memulai konsumsi makanan organik dari vertikultur. Karena jika ditanam sendiri tentu lebih mantap keaslian serta kesegarannya. Sistem ini juga mampu menjadi solusi kemandirian pangan cocok,” ujar salah seorang mahasiswi Patimah SA pada akhir pekan lalu.(*)

BERITA REKOMENDASI