Kembangkan Konsep Pembelajaran Luar Kelas Berbasis Digital

Lebih lanjut dijelaskan Agus, pembelajaran luar kelas memanfaatkan ‘pcsystem.web.id’ telah diterapkan di STBA LIA Yogya dan menjadi salah satu syarat kelulusan. Para mahasiswa diminta membuat sejumlah karya audio, video, tulisan atau gambar berbahasa Inggris dan diunggah di aplikasi tersebut. Karya tersebut kemudian akan dikomentari/dievaluasi oleh teman-temannya, divalidasi dan dinilai oleh dosen. “Setelah mencapai participatory learning dan kredit minimal yang ditentukan, mahasiswa akan memperoleh sertifikat,” katanya.

Pembelajaran luar kelas yang diterapkan STBA LIA ini memberikan banyak keuntungan bagi mahasiswa dalam meningkatkan kemampuannya berbahasa Inggris. Mereka pun diberi keleluasaan untuk menciptakan karya sesuai dengan minat (passion), sekaligus melatih kemandirian. Selain itu, sertifikat yang diperoleh bisa menjadi pendamping ijazah yang akan sangat berguna saat mencari pekerjaan.

“Platform ‘pcsystem.web.id’ sangat mendukung pembelajaran luar kelas di masa pandemi. Platform ini juga sangat mungkin diterapkan untuk jenjang SMA atau SMP,” pungkasnya. (Dev)

BERITA REKOMENDASI