Kepemimpinan Panut Dinilai Pas untuk ‘Universitas Ndeso’ UGM

SLEMAN, KRJOGJA.com – Prof Panut Mulyono resmi menjabat rektor baru UGM periode 2017-2022 setelah menjalani prosesi pelantikan, Jumat (26/5/2017) siang di Balai Senat. Berbagai harapan pun disematkan untuk rektor yang berasal dari Fakultas Teknik Kimia UGM tersebut selama masa kepemimpinan lima tahun kedepan.

Salah satu harapan datang dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU Pera) Basuki Hadimoeljono yang menilai sosok Panut merupakan figur pas memimpin UGM. "Pak Panut itu sosok yang sederhana dan sangat pas untuk UGM yang dikenal sebagai universitas ndeso," ungkapnya.

Basuki menilai, kesederhanaan Panut bisa membangun lebih kuat asas kerakyatan yang selama ini jadi kekuatan UGM. "Pola kepemimpinannya kalau saya lihat bisa semakin menguatkan akar kerakyatan, yang selama ini jadi keunggulan UGM, lewat kesederhaan dan pemikiran beliau itu," lanjutnya lagi.

Pemerintah menurut Basuki juga berharap di kepemimpinan rektor baru, UGM bisa terus menghasilkan inovasi teknologi khususnya untuk mempercepat pembangunan infrastruktur. "Selama ini kita kerjasama dengan balitbang UGM dalam teknologi pembangunan seperti pemanfaatan aspal buton dan saat ini paling penting adalah siapa yang paling cepat dalam inovasi pembangunan itulah yang akan menang," pungkasnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI