Kepuasan Layanan Sebagai Salah Satu Jalan Susksesnya Implementasi MBKM di Perguruan Tinggi

YOGYA, KRJOGJA.com – MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) merupakan program terobosan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI untuk menguatkan kompetensi mahasiswa sehingga lebih siap untuk berkarya di dunia kerja. Program ini memberikan kesempatan yang luas dan kemerdekaan bagi mahasiswa untuk mengikuti berbagai kegiatan di luar Perguruan Tinggi-nya.

Berdasarkan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, mahasiswa diberikan kebebasan untuk mengikuti kegiatan diluar kampus selama 2 semester atau setara dengan 40 sks (satuan kredit semester) di luar Perguruan Tinggi.

Program ini sudah diikuti oleh mahasiswa di Universitas Alma Ata Yogyakarta, baik kegiatan MBKM yang didanai oleh Kemdikbud RI ataupun Universitas Alma Ata. Kegiatan MBKM yang telah diikuti oleh mahasiswa diantaranya adalah Asistensi Mengajar, Magang Bersertifikat, Studi Independen Bersertifikat, KKNT (Kuliah Kerja Nyata Tematik), Proyek Kemanusiaan, dan Pertukaran Mahasiswa.

BERITA REKOMENDASI