Kepuasan Mahasiswa Universitas Alma Ata Terhadap Kegiatan MBKM

YOGYA, KRJOGJA.com – MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) merupakan program terobosan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI untuk menguatkan kompetensi mahasiswa sehingga lebih siap untuk berkarya di dunia kerja. MBKM memberikan kesempatan yang luas dan kemerdekaan bagi mahasiswa untuk mengikuti berbagai kegiatan di luar Perguruan Tinggi-nya.

Dengan MBKM mahasiswa diberikan kebebasan untuk mengikuti kegiatan diluar kampus selama 2 semester atau setara dengan 40 sks (satuan kredit semester) di luar Perguruan Tinggi. Program ini sudah diikuti oleh mahasiswa di Universitas Alma Ata Yogykarta, baik kegiatan MBKM yang didanai oleh Kemdikbud RI ataupun Universitas Alma Ata. Kegiatan MBKM yang telah diikuti oleh mahasiswa diantaranya adalah Asistensi Mengajar, Magang Bersertifikat, Studi Independen Bersertifikat, KKNT (Kuliah Kerja Nyata Tematik), Proyek Kemanusiaan, dan Pertukaran Mahasiswa.

Dalam rangka pengukuran kegiatan MBKM, tim peneliti Universitas Alma Ata melakukan penelitian dengan menyebarkan kuisioner ke mahasiswa Universitas Alma Ata yang mengikuti berbagai kegiatan MBKM. Mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan MBKM diharapkan mampu memberikan penilaian secara objektif terkait dengan pelaksanaan kegiatan MBKM secara keseluruhan.

Adapun instrument penelitian ini dibagi menjadi lima aspek dalam kualitas pelayanan yaitu
(1) Tangibles,
(2) Reliability,
(3) Responsiveness,
(4) Assurance dan
(5) Empathy.

Proses penelitian yang dilakukan mendapatkan data responden sebanyak 204 dengan sebaran terbanyak pada program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar sebanyak 29 responden disusul program studi S1 Sistem Informasi dengan responden sebanyak 27.

Hasil penelitian menyebutkan bahwa berikut ini sebaran dari mahasiswa dengan masing-masing kategori yaitu Tengible puas, Reliability puas, Empathy puas, Responsiveness puas, Assurance sangat puas. Rata-rata indeks kepuasan mahasiswa terhadap MBKM ada pada level puas. Ini menyatakan program MBKM yang dijalankan Universitas Alma Ata sejauh ini berjalan dengan baik.(*)

BERITA REKOMENDASI