Kiat Jitu Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa dalam Penyusunan Karya Ilmiah dan Output Penelitian

YOGYA, KRJOGJA.com – Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan Universitas Alma Ata mengadakan webinar nasional tentang kiat-kiat khusus mahasiswa untuk meningkatkan hasil penelitian yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat. Webinar dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan yaitu Dr. Yhona Paratmanitya, S.Gz.,MPH.,Dietisen.

“Tujuan webinar kali ini memberikan gambaran ke mahasiswa semester akhir terkait bagaimana cara meningkatkan kreatifitas dalam penyusunan tugas akhir (karya ilmiah) dan output penelitian. Dan Alhamdulillah ternyata acara ini mendapat antusias yang baik dari peserta webinar dengan jumlah peserta melebihi target yang direncanakan,” ujar Yhona Paratmanitya, akhir pekan lalu.

Narasumber dalam webinar tersebut ada 6 pembicara yaitu Anafrin Yugistyowati, S.Kep.,Ns., M.Kep.,Sp.Kep.An dengan judul Menentukan Topik Penelitian Dengan Nilai Kebaruan dan Berdampak Pada Masyarakat, Fatma Siti Fatimah, S.Kep.Ns., MMR dengan judul Pemilihan Metode yang Tepat Dalam Penelitian, Linda Yulyani, S.ST., M.Keb dengan judul Pentingnya Time Schedule dan Manajemen Waktu Dalam Penyusunan Skripsi.

Sementara pemateri lainnya Fatimah, S,SiT., M.Kes, dengan judul Pentingnya Ethical Clearance Dalam Penelitian, Apt. Nurul Kusumawardani, M.Farm dengan judul Membangun Perlindungan Kekayaan Intelektual Hasil Penelitian Mahasiswa dan Dr. Yhona Paratmanitya, S.Gz.,MPH.,Dietisen dengan judul Menulis Manuskrip dan Pentingnya Publikasi Hasil Penelitian.

Kegiatan webinar ini sangat meriah karena tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa tingkat akhir prodi-prodi kesehatan di lingkungan Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan Universitas Alma Ata, juga dikuti oleh mahasiswa kesehatan di Universitas lain di Indonesia yang dipandu langsung oleh para mederator yaitu Apt. Eliza Dwinta, M.Pharm.,Sci dan Raden Jaka Sarwadhamana, S.Kep., Ns., M.P.H, yang banyak melontarkan pertanyaan kepada narasumber.(*)

BERITA REKOMENDASI