KKN Alternatif 75 UAD Beri Penyuluhan Cara Pembuatan Hand Sanitizer

Editor: Ary B Prass

 

 

YOGYA, KRJOGJA.com – Kesehatan adalah hal yang sangat penting di saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Ada banyak cara untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 secara besar-besaran seperti mencuci tangan yang benar dengan sabun kemudian memakai masker dan selalu memawa hand sanitizer.

Ini yang menjadi alasan utama Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Alternatif periode ke 75 beranggotakan Fariq (Teknik Kimia), Niken (Psikologi), Suci (Biologi), Ndari (Pendidikan Biologi), Latifah (Pendidikan Agama Islam), Maulana (Ekonomi Pembangunan), Sulaiman (Pendidikan Agama Islam), Hani (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), dan Arini (Ilmu Hukum) beserta dosen pebimbing lapangan Siti Kurnia Widi Hastuti untuk mengadakan kegiatan pembuatan hand sanitizer dan sosialisasi vaksin, pelatihan dilakukan di Masjid Al Barokah Warohmah RW 08, Wirobrajan, Kota Yogyakarta.

“Pentingnya melakukan vaksin yaitu untuk merangsang sistem kekebalan tubuh dan mengurangi resiko terjadinya penularan covid-19” ujar Niken di serambi Masjid Al-Barokah Warrohmah, Minggu (26/12/2021). Sosialisasi vaksin ini dilaksanakan sebelum acara inti yaitu pembuatan hand sanitizer.

Pembuatan hand sanitizer dilakukan dengan mencampurkan alkohol 96% sebanyak empat liter, dilanjutkan dengan menuangkan air satu setengan liter dan satu botol essence, kemudian di aduk seacara merata, selanjutnya di masukan kedalam botol dan dikemas. Pembuatan hand sanitizer ini langsung di bantu oleh ibu-ibu PKK RW 08 dan 09 Wirobrajan.

BERITA REKOMENDASI