KKN Cilacap 04 UMP Jadikan Limbah Abu Pabrik Kerupuk Jadi Pupuk Organik

CILACAP, KRJOGJA.com – Banyaknya limbah abu kayu bekas pembakaran yang tidak terpakai membuat sekelompok mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) memanfaatkannya. Mereka memanfaatkannya untuk membuat media tanam dan pupuk organik.

“Kami melihat banyak limbah abu kayu dari usaha UMKM kerupuk. Kami berpikir pemanfaatan limbah abu kayu sangat bermanfaat bagi pabrik kerupuk tersebut  dan masyarakat sekitar agar limbah tidak terbuang dan mencemari lingkungan,” kata kata Ketua Kelompok Kuliah Kerja Nyata Alternatif 4 Cilacap, Rizky Guntarto (21 tahun) dalam keterangan persnya yang diterima KRjogja.com, Sabtu (8/8/2020).

KKN Alternatif sendiri merupakan program  dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMP 2020 yang berfokus pada program unggulan UMKM yang terdampak covid-19. Sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) adalah Hermin Endratno.

Menurut Rizky, setelah tim KKN melakukan observasi, maka yang dilakukan adalah memanfaatkan limbah abu tersebut menjadi media tanam dan pupuk organik untuk tanaman bawang merah. Lokasi KKN Alternatif di Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kerupuk Anugrah Idaman, Desa Ciawitali RT 04 RW 07 Gandrungmangu, Cilacap.

Lebih lanjut Rizky mengatakan 7 anggota KKN kemudian memberikan edukasi kepada 13 peserta yang terdiri dari pemilik maupun karyawan. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meminimalisir penumpukan limbah dan supaya lebih bermanfaat serta memberikan edukasi kepada karyawan dan pemilik pabrik mengenai apa saja yang harus diperhatikan dalam pembuatan pupuk organik.

BERITA REKOMENDASI