KKN UPNVY Pamerkan Produk Kreatif di Desa Panjangrejo

BANTUL, KRJOGJA.com – Sebanyak 90 mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) menggelar Expo pameran hasil Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Balai Desa Panjangrejo, Kecamatan Pundong, Bantul. Pameran bertajuk “Srawung Panjangrejo” ini menampilkan produk hasil kreativitas 10 kelompok selama KKN 1 bulan di Desa Panjangrejo.

Puluhan masyarakat dan perangkat desa serta tamu undangan terlihat berkeliling melihat berbagai produk olahan makanan, budidaya tanaman, hingga seni kreatif pada hari Minggu (17/11/2019).

Ide pembuatan produk kreatif mahasiswa tersebut muncul setelah beberapa lama tinggal dan membaur dengan masyarakat desa. Beberapa produk muncul setelah melihat permasalahan dan keresahan di masyarakat. Contohnya produk dari kelompok KKN di Dusun Jamprit yaitu Nata de Coco – Jamprit.Co, Ja2suke (Jamprit Jagung Susu Keju), dll. Ide pembuatan olahan nata de coco muncul setelah menemukan keluhan masyarakat mengenai produksi berlebih air kelapa namun hanya dapat dijual dengan harga murah.

Dengan diolah menjadi Nata de Coco maka dapat meningkatkan nilai jual dan menambah pemasukan warga.

Produk kreatif lain yaitu Fashion EcoPrint dari kelompok KKN di Dusung Gedangan. Daun-daun bermotif unik ternyata bisa dimanfaatkan sebagai motif produk fashion seperti pakaian, totebag, tas serut, dll.

“Expo seperti ini baik karena menunjukkan hasil karya mahasiswa selama satu bulan tinggal disini. Semoga KKN Angkatan 70 ini bermanfaat bagi masyarakat. Tentunya dapat menjalin hubungan baik dengan Desa Panjangrejo untuk penempatan KKN berikutnya,” ujar Drs. R. Hendri Gusaptono, MM. perwakilan LPPM dalam sambutannya. (*)

BERITA REKOMENDASI