Kompetensi Dosen Dalam Mencetak Sarjana Berkualitas

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Kompetensi dosen dalam dunia pendidikan tinggi sangat berperan penting dalam mencetak sarjana handal. Untuk melahirkan dosen yang memiliki kompetensi dibutuhkan pula peran dan dan andil dari perguruan tinggi. Sehingga antara dosen dan perguruan tinggi memiliki kesamaan tujuan untuk menciptakan iklim pendidikan berkualitas di kampus.

Hal tersebut dikatakan Rektor Universitas Respati Yogyakarta (Unriyo) Prof Dr dr Santoso MS SpOk dalam Sidang Dies Natalis XI yang dilaksanakan di kampus setempat, Jumat (20/12/2019). "Peningkatan dosen dari sisi akademik penting artinya. Dosen dituntut untuk mampu menyelesaikan pendidikan S3," tegasnya.

Santoso mengatakan pada tahun ini Unriyo mengirimkan dua orang dosennya untuk mengambil S3 di Filipina. Untuk perguruan tinggi di tanah air para dosen dikirim untuk menempuh strata pendidikan yang sama di Undip Semarang, UGM Yogyakarta maupun di UNS Surakarta.

"Ini merupakan bagian dari tekad perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Diharapkan dengan itu dapat mencetak lulusan-lulusan yang juga benar-benar berkualitas," tambahnya.

Selama tahun ini, kata Santoso, Unriyo juga telah melakukan kegiatan penelitian dengan menghasilkan 33 judul dan pengabdian masyarakat sabanyak 32 kegiatan yang kesemuanya dibiayai oleh kampus. Sedangkan jumlah publikasi internasional sebanyak 107 judul dan Hak Kekayaan Intelektual (Haki) yang didaftarkan mencapai 10 karya.

Sementara itu dalam dies natalis ini, Sri Hasta Mulyani SKom MKom dari Badan Penjaminan Mutu Unriyo mewakili Yayasan Respati menyampaikan tantangan dunia pendidikan kedepan akan semakin kompleks. Sebagai universitas yang masih terbilang muda, Unriyo dituntut untuk mampu menghadapi segala perubahan tersebut dengan cara mempersiapkan sumber daya manusia yang handal. (*)

BERITA REKOMENDASI