KPS FH UAD Gelar Kompetisi Peradilan Semu se-Indonesia

BANTUL, KRJOGJA.com – Komunitas Peradilan Semu (KPS) Fakultas Hukum (FH) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) untuk pertama kalinya menyelenggarakan National Moot Court Competition (NMCC). Kegiatan National Moot Court Competition (NMCC) Piala KH Ahmad Dahlan telah diselenggarakan Jumat-Minggu (11-13/09/2020) dan Sabtu (26/09/2020) di Laboratorium Hukum FH-UAD dengan tema ‘Hukum Kesehatan’.

Ilham Yuli Isdiyanto MH, salah satu panitia NMCC juga Humas FH-UAD mengatakan, kegiatan NMCC merupakan ajang simulasi peradilan pidana yang ditujukan bagi mahasiswa Fakultas Hukum se-Indonesia, sehingga diharapkan dalam kompetisi ini mahasiswa sebagai calon penegak hukum akan dapat menerapkan kemampuan intelektual dalam bidang hukum sekaligus pembelajaran dari sebuah proses persidangan yang baik dan benar.

Pemilihan nama KH Ahmad Dahlan dalam kompetisi ini didasarkan pada peran besar KH Ahmad Dahlan dalam dunia pendidikan, kesehatan, dan juga kemanusiaan. “KH Ahmad Dahlan juga merupakan Pahlawan Nasional serta pendiri Organisasi Muhammadiyah tahun 1912. Peranan dan sumbangan sangatlah besar dalam sejarah perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia. KH Ahmad Dahlan juga telah mempelopori dunia pendidikan dengan mendirikan sekolah guru yang kemudian dikenal dengan Madrasah Mu’allimin (Kweekschool Muhammadiyah) dan Madrasah Mu’allimat (Kweekschool Putri Muhammadiyah) agar masyarakat menyadari nasibnya sebagai bangsa terjajah yang masih harus belajar demi kebangkitan dan kemajuan Bangsa Indonesia,” jelas Ilham.

BERITA REKOMENDASI