Kreativitas Karya Tulis Mahasiswa, UMS Masuk Empat Besar

SOLO, KRJOGJA.com – Dalam menggaet insetif Program Kreativitas Mahasiswa Karya Tulis (PKM-KT), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berada di posisi 4 PTN-PTS se-Indonesia. Ada 15 tim PKM-KT yang lolos mendapatkan pendanaan dari Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.

Dalam kelompok 10 besar UMS berada diurutan ke 4 setelah UGM, IPB dan Unesa, jelas Ahmad Kholid Algofari, Kabag Penalaran, Kreativitas, dan Softskill UMS, Sabtu (25/7). Dalam lingkup Perguruan Tinggi Swasta peraih insentif PKM-KT terbanyak.

PKM Karya Tulis merupakan salah satu skema Program Kreativitas Mahasiswa dari Kemendikbud yang terdiri dari 3 jenis yaitu PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI), PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT) dan PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (GFK). “15 PKM UMS yang didanai semuanya merupakan PKM AI.”

Menurut Kholid, dalam pelaksanaan PKM-KT, UMS melakukan proses penyaringan yang ketat. Awalnya ada 402 judul proposal yang masuk ke Universitas, selanjutnya diseleksi menjadi 161 proposal. Dari jumlah itu ketika diajukan ada 15 yang dinyatakan lolos didanai.

Salah satu karya yang lolos berjudul Analisa Tingkat Risiko Ergonomi Pada Bagian Stationary Menggunakan Metode REBA dan OWAS (PTIndah Kiat Pulp and Paper Tbk). Ini merupakan karya Patnia Nur Saputri dan kawan-kawan. (Qom)

BERITA REKOMENDASI