Kuliah UNS Diubah dari Tatap Muka Menjadi Online

SOLO, KRJOGJA.com – Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menetapkan mengubah bentuk kuliah tatap rnuka menjadi pembelajaran daring (sistem pembelajaran secara on-line) mulai Senin (16/3) sampai dengan 28 Maret. Keputusan ini berdasar dari pernyataan resmi World Health Organization (WHO) yang mengubah status kejadian infeksi Covid-19 dari Public Health Emergency o f International Concern menjadi Pandemi.

Di samping itu Kota Solo juga telah menwtapkkan berstatus Kejadian Luar Biasa (KLB) Corona ( Covid 19) sejak Jumat malam (13/3). “Dalam upaya mencegah penyebaran infeksi Covid-19 di lingkungan UNS, maka kami mengambil langkah langkah salah satunya merobah sistem perkuliahan daring,” jelas rektor Prof Dr Jamal Wiwoho, Minggu (15/3)

Terkait dengan perobahan perkuliahan, ia meminta kepada Pimpinan Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan untuk memberikan dukungan yang dibutuhkan para dosen agar dapat menyelenggarakan pembelajaran daring. Penetapan diterbitkan melalui Surat Edaran Nomor: 1480 /UN27/HK/2020 Tentang Kewaspadaan dini, Kesiapsiagaan serta Tindakan Antisipasi Pencegahan Penyebaran Infeksi Covid-19.

Sementara untuk kegiatan praktik seperti praktik laboratorium, praktik klinik, praktik lapangan, praktik di industri, dan praktik di berbagai institusi, dapat dilakukan penjadwalan ulang atau diganti dengan metode lain dan disesuaikan dengan perkembangan keadaan. Begitu juga kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang melibatkan pengumpulan data dan aktivitas bersama masyarakat.

Prof Jamal menganjurkan semua dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan untuk tidak melakukan perjalanan di dalam negeri yang tidak penting. ia juga mengingatkan dan mendorong seluruh dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan untuk mempraktikkan dan membudayakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sesuai dengan pedoman yang diberikan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (Qom)

BERITA REKOMENDASI