Kurator Museum Harus Tersertifikasi

 

SOLO, KRJOGJA.com – Peraturan Pemerintah No 66 tahun 2015 mewajibkan kurator museum harus tersertifikasi. Sekarang sebenarnya sudah banyak kurator yang tersebar di 450 museum, namun mereka belum tersertifikasi. Secara bertahap pemerintah mulai Oktober 2017 akan menerbitkan sertifikasi kurator museum.

"Tahap pertama akan menerbitkan 120 sertifikasi kurator museum. Dalam tiga tahun ke depan kami berharap tuntas, semua kurator museum tersertifikasi," jelas Dr Hari Widiyanto, Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Direktorat Jendral Kebudayaan Kemendikbud usai pembukaan Museum Goes to Campus 2017 di kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Senin (04/9).

Program sertifikasi kurator bagian dari pembenahan museum di tanah air agar sesuai yang dipersyaratkan dalam PP 66 Tahun 2015. Selain kurator miliki seetifikasi, museum harus memiliki Nomor Regestrasi Nasional. Semua itu bagian persyaratan museum untuk mendapatkan fasilitas dari pemerintah. "Bagi museum baru supaya segera membuat Nomor Regestrasi," jelas Hari.

Kepada UNS yang telah mendirikan museum dan belum genap beusia satu tahun diminta mengirimkan seorang kurator untuk mengikuti program sertifikasi. Dr Hari mengapresiasi kegiatan Museum Goes to Campus. Agenda ini hanya dimiliki UNS. Diharapkan terus berlanjut dan menjadi agenda tahunan. "Ke depan kami juga akan mengadakan kegiatan kr sekolah untuk membuka informasi tentang museum kepada para siswa." (Qom)

 

BERITA REKOMENDASI