Lagu Dayak Bawa PSM UAJY Juara di Rusia

SLEMAN (KRjogja.com) – Bawakan lagu daerah Kalimantan Tengah, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta ( PSM UAJY) bawa pulang medali emas. Medali itu diperoleh dalam ajang World Choir Game (WCG) di Sochi, Rusia yang berlangsung 6-16 Juli 2016.

Kompetisi bergengsi tingkat internasional ini diikuti oleh 283 tim dari 76 negara. Dalam ajang tersebut, PSM UAJY mendapatkan medali emas dalam kategori Scenic Folklore. Mereka menyanyikan dua buah lagu berjudul, Oh Adingkoh dan Bawi Kuwu Tumbang Rakumpit. Kedua lagu dibawakan dengan kostum dan alat musik khas dayak (jimbe dan sapek). Keunikan ini menarik perhatian juri dan penonton hingga akhirnya mereka berhasil membawa pulang medali emas.

"Kami ingin mencoba budaya Dayak. Sebelumnya kan banyak lagu diangkat dari budaya Jawa," kata Raymundus Leonardo, konduktor PSM UAJY. Selain itu, lagu yang diangkat dari budaya Dayak dianggap menantang karena temponya yang lambat dan cepat.

Selain, dalam kategori Scenic Folklore PSM UAJY juga membawa pulang emas di kategori Mixed Youth Category. Dalam kategori tersebut mereka membawakan lagu Gloria Patri, Marencong, Northen Light serta Lady Marmelade. Tidak hanya itu, PSM UAJY juga berhasil memenangkan medali perak dalam kategori Scenic Pop dengan lagu Happy, Koi Mil Gaya, serta Uptown Funk.

"Saya sebagai rektor sangat bangga, semoga terus berkesinambungan utk adik-adik selanjutnya," kata Gregorius Sri Nurhartanto, Rektor UAJY dalam konferensi Pers  PSM UAJY Jumat, 15 Juli 2016. (Kenia IN)

BERITA REKOMENDASI