Lepas Wisudawan, Direktur ASMI Santa Maria Tegaskan Persaingan Society 5.0

YOGYA, KRJOGJA.com – Bertempat di auditorium ASMI Santa Maria Yogyakarta, Jalan Bener 14 Tegalrejo, Direktur ASMI Santa Maria menyelenggarakan upacara wisuda secara offline dan online para mahasiswa yang telah dinyatakan lulus dalam rapat yudisium pada akhir semester tahun akademik 2020/2021. Mereka yang lulus dan diwisuda berasal dari program studi Administrasi Perkantoran, Manajemen, dan Hubungan Masyarakat. Sampai saat ini ASMI Santa Maria telah meluluskan 4.641 orang.

“Saya meminta para lulusan, terus belajar dan berupaya semakin menjadi pribadi yang berintegritas luhur dan mandiri sesuai dengan visi ASMI Santa Maria. Berintegritas luhur berarti memiliki pemikiran, perhatian, fisik, iman, dan moralitas yang secara keseluruhan baik, positif, sehat, tangguh, dan mulia. Pemilikan karakter pribadi yang utuh demikian, ditambah keterampilan kerja yang ditekuni selama studi dan yang terus dipelihara dan ditingkatkan akan memungkinkan para lulusan menghadapi situasi VUCA sebagai dampak pandemic covid-19 dan imbas revolusi industry 4.0 ala Jerman, atau society 5.0 yang digagas oleh pemerintah Jepang,” ungkap Drs. Yohannes Suraja, M.Si., M.M., Direktur ASMI Santa Maria dalam sambutannya kepada wisudawan.

Pandemi, revolusi industri dan sosial telah menyebabkan terjadinya tingkat perubahan (volatilitas, volatility), ketidakpastian (uncertainty), kompleksitas (complexity), dan ambiguitas (ambiguity) di hampir semua aspek kehidupan bagi warga masyarakat. Tetapi dengan menjadi pribadi yang berintegritas dan terampil, setiap lulusan akan dapat adaptif, tetap eksis sesuai kemajuan dan perubahan.

Sementara, Sr. M. Alfonsine OSF, Ketua Yayasan Marsudirini Yogyakarta berharap para lulusan dapat menjadi pendukung yang ikut memajukan lembaga, instansi atau pun perusahaan tempat kerja seperti yang dilakukan oleh lulusan ASMI Santa Maria yang bekerja di UKDW dan menjadi anggota tim yang memenangkan program digitalisasi arsip perguruan tinggi se-Indonesia. Dan bagi yang berwirausaha dapat bekerja keras, tekun, dan setia menjalani usahanya.(*)

BERITA REKOMENDASI