Lesehan Bersama Adik Tingkat di UGM, Ini Pesan Menlu RI

SLEMAN, KRJOGJA.com – Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Lestari Priansari Marsudi atau Retno Marsudi menghadiri acara sarasehan bersama dengan adik-adik tingkatnya dari Departemen Ilmu Hubungan Internasional Universitas Gadjah Mada. 

Uniknya, acara sarasehan ini bukan dilakukan di dalam gedung seperti yang biasanya dihadiri oleh Retno Marsudi namun dilakukan dengan lesehan di area parkir mobil gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UGM. 

"Kalau kita bicara di dalam gedung kan sudah biasa. Kalau kita bicara di luar di bawah pohon seperti ini kan bisa lebih santai. Jadi kita bisa lebih terasa seperti keluarga,” tutur Retno Marsudi mengenai pemilihan lokasi sarasehan.

Retno Marsudi juga turut menyampaikan pesan kepada mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional UGM menyangkut persiapan dalam meniti karir di kementerian luar negeri. "Kita harus membangun satu sistem dimana semua warga negara mendapat kesempatan yang sama  regardless apakah kita orang mampu ataupun nggak mampu. Jadi ketika teman-teman sedang merasa nggak mampu, merasa capek, lihat saya. Saya berasal dari kalangan yang tidak mampu,” pesan Retno Marsudi untuk membangkitkan semangat adik tingkatnya.

Bukan hanya itu, Retno Marsudi juga menekankan kepada mahasiswa apabila mereka ingin meniti karir di Kementerian Luar Negeri, persiapan harus dilaksanakan sejak awal di bangku perkuliahan. Retno Marsudi juga menambahkan bahwa faktor kesehatan fisik serta psikologi juga penting untuk disiapkan sejak dini.

Dalam sarasehan ini, Retno Marsudi tidak hanya menyampaikan pesan kepada mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional dalam mempersiapkan karir namun juga membuka diskusi mengenai isu-isu kontemporer bersama dengan para mahasiswa seperti isu pernyataan Donald Trump mengenai Jerusalem dan rekomendasi 4+1 yang diajukan Indonesia kepada Myanmar.  (Rahina Dyah Adani)

BERITA REKOMENDASI