Lulusan UMP Dibekali Kemampuan Wirausaha

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) membekali mahasiswanya dengan kemampuan wirausaha. Kampus mendorong para mahasiswa dan alumni untuk membangun bisnis hingga bisa membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar. 

Upaya yang dilakukan universitas antara lain mendorong para mahasiswa mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) yang diselenggarakan Kemenristekdikti. "Sampai sekarang sudah ada 16 mahasiswa atau kelompok yang lolos PKM dan empat KBMI," ungkap Reviewer Nasional PKM yang juga Dosen Agribisnis UMP, Ir H Didik Widiyantono MAg, kepada KRJOGJA.com, Kamis (3/10/2019). 

Prestasi tidak hanya ditunjukkan 20 peserta PKM dan KBMI. Sejumlah mahasiswa lain juga mulai merintis usaha dengan mengembangkan potensi yang akan di sekitarnya. Namun mereka, katanya, belum memiliki kesempatan mengikuti kompetisi yang diselenggarakan kementerian. 

Menurutnya, produk yang dikembangkan mahasiswa kini mulai berkembang. Mereka rutin melakukan produksi dan memasarkan barangnya secara online. Pihak UMP berencana membuat wadah untuk menyatukan pemasaran. "Sekarang mereka masih memasarkan sendiri-sendiri, ke depan kami wacanakan membuat wadah untuk menyatukan pemasaran, lewat online atau marketplace, sehingga lebih mudah," terangnya. 

Universitas juga menyelenggarakan Gelar Kreativitas Wirausaha Mahasiswa setiap momen wisuda. Gelar itu menjadi tempat mahasiswa memamerkan kreativitas yang memiliki nilai jual serta telah dikembangkan, bahkan dipasarkan. "Selain untuk menunjukkan hasil kreativitas, juga untuk memacu mahasiswa lain untuk mau berwirausaha," tuturnya. 

Selain itu, kampus juga memberi pelatihan kepada para calon wisudawan. Menjelang wisuda ke – 61 yang diselenggarakan Rabu (2/10/2019), mahasiswa dibekali materi strategi memasuki bursa kerja, strategi membangun bisnis dan jaringan serta strategi sukses meraih beasiswa S 2. Sebanyak 426 mahasiswa diwisuda dan seratus diantaranya meraih predikat cumlaude. 

Rektor UMP Dr Rofiq Nurhadi MAg menuturkan, wisudawan harus bisa menyesuaikan diri dalam menghadapi tantangan era Revolusi Industri 4.0. Selain mampu bekerja di perusahaan atau instansi, lulusan UMP harus memiliki jiwa kewirausahaan. "Ciptakan lapangan pekerjaan baru dengan memanfaatkan peluang yang muncul dari Revolusi Industri 4.0," tegasnya.   

Meski sudah lulus, katanya, tidak berarti para alumni berhenti belajar dan menuntut ilmu. “Lulusan UMP harus menunjukkan sikap seorang intelektual yang memiliki moral dan etika luhur serta religiusitas tinggi yang mencerminkan akhlakul karimah sesuai dengan visi UMP,” ungkapnya. 

Sementara itu, Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM dalam sambutan yang dibacakan Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH mengemukakan, mahasiswa harus terus mengembangkan kreativitas dan jiwa kewirausahaannya. "Jangan menggantungkan masa depan hanya dengan mencari pekerjaan, ciptakan lapangan kerja bagi orang lain, sehingga ikut mendukung terwujudnya peningkatan kesejahteraan masyarakat," tandasnya.(Jas)

BERITA REKOMENDASI