Mahasiswa Alma Ata Graduate School of Public Health Gelar Pemeriksaan Kesehatan di Dusun Iroyudan, Guwosari

Pemeriksaan gula darah adalah pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui kadar gula (glukosa) dalam darah. Tujuannya bukan hanya untuk mendiagnosis penyakit diabetes saja, namun juga untuk mengevaluasi apakah kadar gula darah seseorang terkontrol dengan baik atau tidak. Glukosa darah adalah gula yang terdapat dalam darah yang terbentuk dari karbohidrat dalam makanan dan disimpan sebagai glikogen di hati dan otot rangka. Kadar gula darah yang normal yaitu pada saat sebelum makan normalnya 70-130 mg/dL, untuk kadar gula darah 1-2 jam setelah makan normalnya kurang dari 180 mg/dL, sedangkan untuk kadar gula darah sebelum tidur nilai normalnya 100-140 mg/dL. Dari hasil pemeriksaan kadar gula darah terdapat 2 peserta pemeriksaan kesehatan yang gula darahnya cukup tinggi, sehingga diberikan edukasi mengenai penanganan dari gula darah yang tinggi tersebut.

“Untuk kegiatan ini, kami barengi dengan pemeriksaan kesehatan kadar gula darah dan pemeriksaan tekanan darah. Untuk pemeriksaan kadar gula darah itu sendiri baik untuk aware atau perhatian masyarakat sehingga masyarakat bisa mengetahui bagaimana kadar gula darah masing-masing. Hal ini kita barengi dengan sedikit edukasi mengenai kadar gula darah itu sendiri, misal nilai normal dan tidak normalnya berapa, apa yang baik untuk di konsumsi dan apa yang harusnya dihindari untuk dikonsumsi,” ujar Pegrina Novriani Lasmin Mahasiswa S2 Kesmas UAA minat Manajemen Administrasi Rumah Sakit.

Diharapkan dengan adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat meningkatkan perhatian masyarakat mengenai pentingnya menjaga pola hidup sehat dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin agar dapat membantu untuk mendeteksi suatu penyakit secara dini, sehingga penyakit tersebut dapat dicegah dan proses penyembuhannya berpeluang lebih cepat.(*)

UAA

BERITA REKOMENDASI