Mahasiswa Bahasa Arab UMY KKL di Malaysia-Singapore

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA (KRJogja.com) – Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) untuk pertamakali akan mengadakan Kuliah Kerja Langsung (KKL) Internasional. Program KKL ini akan dilaksanakan 5-10 Desember mendatang di Malaysia dan Singapura. Kegiatan dilaksanakan bekerja sama dengan mitra  yang sudah memiliki MoU dengan UMY.

“KKL yang akan dilakukan Di Universiti Sains Islam Malaysia (USIM), Universiti Teknologi Mara (UiTM) dan Muhammadiyah Islamic College Singapore (MICS). Hal tersebut agar nantinya kerjasama yang terjalin dapat lebih fokus dan intensif dengan fakultas-fakultas yang ada di sana," jelas Kepala Program Studi PBA UMY Talqis Nurdianto Lc  MA kepada wartawan, Senin (4/12).

Dikatakan, selama KKL mahasiswa akan terlibat dengan berbagai macam aktivitas seperti mempresentasikan penelitian dalam Bahasa Arab, dialog kemahasiswaan, dan juga kegiatan non-formal yang dapat membantu meningkatkan kemampuan mahasiswa PBA UMY dalam berbahasa Arab. "KKL ini akan memberikan nilai tambah pada mahassiwa yaitu Surat Keterangan Pendamping Ijazah yang menyatakan bahwa mahasiswa PBA UMY memiliki wawasan internasional. Karena kegiatan KKL tersebut nantinya akan diisi dengan pelatihan-pelatihan mengenai pendidikan bahasa Arab. Misalnya pelatihan metodologi penelitian bahasa Arab pada dosen USIM," ujar Talqis.

Menurut Kaprodi PBA, mahasiswa yang berangkat untuk program KKL ini adalah mahasiswa angkatan 2014 yang saat ini sedang menjalani semester 7. Kemudian untuk pembiayaan, program ini sudah dibebankan dalam SPP sehingga mahasiswa tidak perlu terbebani dengan biaya yang besar ketika akan berangkat. “Mengingat KKL ini merupakan kali pertama dilakukan, tentunya ada beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki terutama dalam administrasi,” ujarnya. (Fsy)

 

 

UMY

BERITA REKOMENDASI