Mahasiswa Baru UNS Ikuti PPKMB

Editor: KRjogja/Gus

SOLO (KRjogja.com) – Sekitar 6.000 mahasiswa baru Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo tahun akademik 2016/2017 mulai hari ini (Senin 18/8), akan mengikuti Program Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru (PPKMB). Sebelumnya para mahasiswa baru akan dikukuhkan rektor Prof Dr Ravik Karsidi MS dan diserahkan ke 11 dekan fakultas.

 

PPKMB merupakan pengganti kegiatan Orientasi Pengenalan Kampus (Ospek). Program ini diluncurkan UNS untuk menghindari praktek perpeloncoan. PPKMB dilaksanakan empat hari 18-21 Agustus. "PPKMB diantaranya diisi green campus yakni penghijauan di dalam maupun di luar kampus UNS," jelas rektor Prof Ravik Karsidi, Rabu.

UNS dalam beberapa tahun terakhir memberlakukan One Student Five Trees. Setiap mahasiswa baru diwajibkan menanam 5 pohon dan harus dalam kondisi hidup. Sebagian ditanam di kampus dan lainnya di luar kampus. Tahun ini program green campus akan dilaksanakan bersama dengan TNI.

Komandan Korem 074 Warastrama Kol Inf Maruli Simanjuntak menyatakan siap mengerahkan anggotanya untuk bahu membahu dengan mahasiswa dalam kegiatan penghijauan. Kebersamaan mahasiswa dan TNI ini merupakan kelanjutan dari program TNI UNS Technomilitary Festival yang berhasil digelar di kampus Kentingan.

Dan ke depan UNS juga menyiapkan tema baru dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yakni Bela Negara dan Pertahanan. "Tema baru ini akan kami laksanakan KKN periode mendatang," kata Prof Ravik. (Qom)

 

UNS

BERITA REKOMENDASI