Mahasiswa dan Dosen UAD Beri Keterampilan Olahan Camilan Churros Sayuran

Editor: Ary B Prass

 

YOGYA, KRJOGJA.com – Camilan churros yang terkenal berasal dari Spanyol ini, biasa dibuat menggunakan bahan-bahan seperti air, gula, margarin, tepung, dan telur. “Namun rupanya camilan churros ini bisa diinovasikan menggunakan sari sayur-sayuran dan juga sari buah-buahan,” kata Yunda Maymanah STP MSc, dosen dan Sekretaris Prodi Bisnis Jasa Makanan (Bisma) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Senin (06/12/2021).

Dijelaskan Maymanah, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Alternatif UAD 75 kelompok VIII C2 yang berkolaborasi dengan dosen Bisnis Jasa Makanan UAD memberikan pelatihan inovasi camilan churros dengan memanfaatkan bahan-bahan yang sering ada di rumah yaitu menggunakan sari sayur bayam dan sari buah bit. Kedua bahan ini menjadi dasar dari pembuatan churros menggantikan air matang.

Menurut Maymanah, pelatihan ini ditujukan untuk ibu-ibu warga Mergangsan Keparakan Lor yang berkumpul setelah melakukan kegiatan arisan rutin di Balai RW 08, Minggu (05/12/2021). Pelatihan inovasi pembuatan camilan churros ini diharapkan bisa menjadi alternatif camilan sehat yang menarik untuk anak-anak karena selain terbuat dari sari sayur bayam dan buah bit, namun juga camilan yang dimasak atau dibuat sendiri tentunya lebih sehat tanpa bahan pengawet dan pewarna yang berbahaya.

Warga terlibat aktif dalam pelatihan ini. Tanggapan juga diungkapkan oleh warga RT 30 Mergangsan, Keparakan Lor yang juga menjadi salah satu peserta dari pelatihan ini.

“Acara ini  bagus apalagi untuk ibu-ibu muda yang anak-anaknya tidak suka makan buah dan sayur, sehingga kreasi ini bagus dan memberikan solusi bagi anak2 yg tidak suka makan sayur dan buah,” ungkap Bu Marno antusias. (Jay)

 

BERITA REKOMENDASI