Mahasiswa KKNT UAA Kelompok Sangkara di Dusun Jaten dan Manukan Miliki Tugas Ini

BANTUL, KRJOGJA.com – Selasa (21/09/2021) merupakan hari penerjunan mahasiswa KKN Tematik Universitas Alma Ata. Satu kelompok terdiri dari beberapa program studi yang ada di Universitas Alma Ata Yogyakarta. Salah satu kelompok yang diterjunkan saat ini yaitu Kelompok 6 Desa Sendangsari yang berlokasi di dua dusun, yaitu Dusun Jaten dan Dusun Manukan.

Kelompok ini mereka beri nama Sangkara. Pada pukul 11.00 WIB, kelompok ini melakukan persiapan berupa pengumpulan barang-barang pribadi dan untuk kelompok yang akan dibawa di tempat posko KKNT yang nantinya akan diangkut menggunakan pick up. Acara serah terima mahasiswa yang diserahkan oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Mufida Awalia Putri, S.Pd.,M.Pd. (Dosen Prodi PGMI UAA) kepada Kepala Dusun Jaten kemudian di Dukuh Manukan.

KKN Tematik periode ke-2 ini mengusung tema ‘Peningkatan Ketahanan Pangan dan Pengembangan Potensi Desa’. Dalam rangka menyukseskan tema tersebut mahasiswa yang terdiri dari prodi PAI, PGMI, PGSD, Gizi, dan Manajemen ini menyusun program kerja yang berkelanjutan. Artinya, setelah mahasiswa tidak KKN di dusun tersebut maka bisa dilanjutkan oleh para pemuda-pemudi karang taruna dan masyarakat desa. Salah satu program hariannya yaitu pendampingan TPA, PAUD, dan untuk siswa SD/MI. Program ketahanan pangan yaitu menanam bibit bunga telang yang selama ini memiliki banyak khasiat. Manfaat bunga telang salah satunya untuk minuman teh, anti inflamasi, anti radang, dan penuaan dini. Semantara program kerja lainnya yaitu membantu posyandu dan kegiatan kemasyarakatan.(*)

BERITA REKOMENDASI