Mahasiswa Luar Yogya Wajib Isolasi Mandiri

YOGYA, KRJOGJA.com – Protokol kedatangan warga indekos, terutama mahasiswa dari luar daerah akan diseragamkan di tingkat DIY. Pemkot Yogya sebenarnya juga sudah menyusun protokol tersebut mulai prasyarat yang harus dipenuhi hingga kewajiban isolasi mandiri selama 14 hari.

Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogya Heroe Poerwadi, mengaku sudah menyusun buku petunjuk yang berisi protokol kedatangan mahasiswa dari luar daerah. “Kami bersama kabupaten lain akan dipanggil oleh Gubernur untuk menyeragamkan protokol mahasiswa dari luar daerah. Supaya nanti memudahkan proses skriningnya,” urainya, baru-baru ini.

Total mahasiswa yang berasal dari luar DIY diperkirakan mencapai 300.000 orang. Separuh dari jumlah tersebut ditengarai tinggal di indekos, pondokan maupun asrama mahasiswa yang berada di Kota Yogya. Sebagian dari mereka saat ini juga sudah mulai kembali ke Kota Yogya.

Heroe melanjutkan, mahasiswa luar DIY yang datang dan tinggal di Kota Yogya diharuskan membawa hasil rapid diagnostic test (RDT) non reaktif Covid-19. Sebelumnya juga harus mengisi aplikasi kedatangan melalui laman kuliahlagi.jogjakota.go.id guna mendapatkan ‘QR Code’.

“Mereka juga harus isolasi mandiri selama 14 hari sejak kedatangan dengan menerapkan protokol kesehatan,” tandasnya.

BERITA REKOMENDASI