Mahasiswa Magang Pendidikan Biologi UAD Tangani Konservasi dan Monitoring Satwa

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com – Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan program yang diluncurkan Kemendikbud tahun 2020. Program ini bertujuan untuk memberikan pengalaman pada  mahasiswa untuk menimbah pengalaman belajar di luar kampus.

“Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Imu Pendidikan (FKIP) UAD menyambut baik program tersebut dengan meluncurkan program MBKM Prodi berupa kegiatan magang dan riset di 5 lokasi mitra,” kata Dr Novi Febrianti MSi, Kaprodi Pendidikan Biologi FKIP-UAD, Minggu (27/06/2021).

Dijelaskan Novi Febrianti, Program MBKM Prodi dilaunching, Selasa, 22 Juni 2021 lalu secara daring melalui zoom meeting dan live streaming channel YouTube PBIO UAD Official. Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa, dosen, dan mitra MBKM Prodi. Mitra yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Yayasan BISA Indonesia, Yayasan YAPEKA, Yayasan SCENTS, Taman Konservasi Satwa dan Ternak Sato Loka, serta PT Multiflora Javanica.

“Beberapa topik riset dan magang yang ditawarkan oleh mitra diantaranya konservasi dan monitoring satwa, diversitas dan perilaku hidup satwa, budi daya tanaman dan hewan, serta pengembangan ekowisata pada berbagai lokasi/ kota di Indonesia,” ujarnya.

Novi Febrianti berharap,  dengan adanya program ini mahasiswa dapat menyelesaikan studinya dalam waktu 3,5 tahun. Ini juga merupakan suatu kesempatan yang sangat baik bagi mahasiswa untuk belajar langsung pada ekspert di lapangan sehingga setelah lulus dapat  menjadi guru atau profesi lain yang peduli terhadap lingkungan. “Kegiatan ini diakhiri dengan pengumuman pemenang lomba Milad ke-20 Prodi Pendidikan Bio pada cabang speech contest, tilawah, dan lomba vlog,” tambah Hani Purwanti MPd, Sekretaris Prodi Pendidikan Biologi UAD. (Jay)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI