Mahasiswa Stikes Ciptakan Aplikasi untuk Penderita Stroke

Editor: Ivan Aditya

YOGYA (KRjogja.com) – Tingginya penderita stoke menggugah mahasiswa semester VI Stikes Al-Islam Yogya yakni Indra Pratama, Fadilah Sopiah dan Septiana Sari menciptakan aplikasi android untuk membantu pasien stroke latihan gerak. Aplikasi ini mudah digunakan dan diakses oleh pasien saat dibutuhkan tanpa dikenakan biaya.

"Dalam aplikasi ini, terdapat video gerakan tubuh. Kemudian ada penjelasan gerakan dan frekuensi gerakan agar lebih mudah dipahami oleh pasien, " kata Indra bersama Fadilah dan Septiana di Stikes Al-Islam, Kamis (18/08/2016).

Dikatakan, selama ini pasien stoke yang mengalami keterbatasan gerak memang mendapatkan latihan gerakan dari rumah sakit sebagai bentuk tindakan keperawatan. Namun hal itu kurang optimal dilakukan oleh pihak rumah sakit karena faktor kesibukan perawat. Sementara pasien hanya diberikan liflet tata cara latihan gerakan.

Untuk mengunduh aplikasi ini, pengguna Android cukup dengan mencari di google dengan ketik dischargeplaningrom.tk. Pada saat digunakan atau dibuka, aplikasi ini tidak menggunakan paket data internet.

Sementara Pembantu Ketua I Bidang Akademik Stikes Al-Islam, Nurul Isnaini menjelaskan aplikasi karya mahasiswanya itu pada 8-11 Agustus kemarin maju ajang Pekan Imiah Mahasiswa Nasional XXIX (Pimnas 29)  yang diselenggarakan di IPB bersama 145 Perguruan Tinggi dari seluruh Indonesia. Acara tahunan ini menjadi ajang untuk menunjukkan karya, kreativitas, inovasi, penelitian sekaligus menjadi silaturahmi antar mahasiswa di Indonesia. (Sni)

BERITA REKOMENDASI