Mahasiswa UGM Sulap Kulit Bawang Merah Jadi Permen Karet

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Kandungan antibakteri seperti flavonoid dan fenol dalam kulit bawang merah agaknya kurang dieskplore selama ini. Padahal senyawa tersebut dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme dalam rongga mulut penyebab penyakit gigi dan mulut seperti karies. 

Lima mahasiswa UGM yakni Sofia Maulida, Derana Widyastika, Irma Prasety Ayu, dan Lely Sintya dari Fakultas Kedokteran Gigi, serta Rizqi Dinni Fauzia dari Fakultas Farmasi mencoba menginisiasi produk memanfaatkan potenti kulit bawang merah tersebut. Tak tanggung-tanggung, produk permen karet diciptakan oleh kelimanya untuk memaksimalkan potensi kulit bawang merah. 

Kepada wartawan Senin (19/6/2017) Sofia Maulida mengatakan selama ini belum banyak masyarakat yang tahu manfaat kulit bawang merah sehingga hanya membuang begitu saja. Padahal flavonoid dan fenol yang ada di dalamnya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh khususnya mulut dan gigi. 

"Kami coba mengolah ekstrak kulit bawang merah menjadi permen karet agar mudah dikonsumsi. Fungsinya bisa digunakan untuk menghambat pertumbuhan mikroorganisme dalam rongga mulut yang menyebabkan penyakit gigi dan mulut seperti karies," ungkapnya. 

Sofia dan kawan-kawan kemudian memberi nama permen tersebut Alice Wonder Gum agar mudah diingat. Ia juga menjelaskan dengan bentuk permen karet dapat membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi karena gerakan mengunyah permen karet juga dapat meningkatkan produksi aliran ludah, sebagai pembilas rongga mulut maupun antibakteri. 

"Jumlah bakteri pada cairan ludah menurun secara signifikan setelah dicoba mengunyah Alice Wonder Gum, hasilnya tidak berbeda jauh dibandingkan dengan permen karet yang mengandung xylitol. Kami tambahkan  manitol sehingga berasa manis untuk menyamarkan rasa bawang, bahan ini tidak menimbulkan karies pada gigi," imbuhnya. 

Kini lima mahasiswi tersebut sedang menyempurnakan pengemasan agar nantinya bisa diproduksi massal sebagai salah satu opsi pengurai masalah kesehatan gigi dan mulut masyarakat. "Semoga lekas selesai dan bisa segera diproduksi karena kulit bawang merah ternyata bukan limbah saja tapi bisa bermanfaat besar untuk kesehatan," pungkasnya. (Fxh)

UGM

BERITA REKOMENDASI