Mahasiswa UIN Suka Juara 1 Lomba Da’i Nasional

YOGYA, KRJOGJA.com – Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Nur Wulandari Sunawir berhasil meraih juara 1 nasional, dalam ajang lomba da’i mahasiswa pada Olimpiade Agama, Sains dan Riset Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (OASE PTKI).

Lomba da’i diadakan secara daring atau virtual. Namun untuk beberapa cabang lomba lain yang digelar secara offline dilaksanaka di UIN Ar-Raniry, Banda Aceh. Kegiatan ini berlangsung sejak 24 Oktober hingga 28 November 2021.

Selama menjelang lomba, Wulan mengaku selalu rutin berlatih setiap pagi dan malam hari secara otodidak, salah satunya dengan menonton video ceramah yang ada di YouTube. “Biasanya menonton video ceramah yang saya senangi, ceramah dai idola,” tutur Wulan.

Sebelumnya, lomba bidang da’i mahasiswa dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu penyisihan, semi final dan final. Pada tahap penyisihan peserta mengirimkan video, kemudian diambil 30 peserta dengan score tertinggi akan masuk ke tahap semi final.

“Di semi final, teknisnya berbeda dari tahap penyisihan, menurut saya lebih menantang, dilaksanakan secara streaming via zoom. Selama dua hari, jadi satu harinya 15 peserta. Alhamdulillah lolos lagi, menuju babak final dan lebih menantang,” ujar Wulan.

Selama proses perlombaan Wulan juga dibantu oleh pihak kampus UIN Sunan Kalijaga. Mulai dari persiapan lomba seperti administrasi, teknis dan sebagainya. Selain itu, menjelang final, ia meminta bantuan dan arahan dari ustad atau guru ngajinya sewaktu di pondok pesantren.

“Saya juga babak final minta koreksian ustad saya ketika di pondok. Alhamdulillah dikasih sama beliau, saya mengirimkan rekaman suara saya ketika berceramah, dan dikoreksi sama beliau,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI