Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Raih Best Speaker dan Juara 3 Lomba Debat Bawaslu RI

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com – Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta kembali mengukir prestasi.  Kali ini, mereka mampu meraih penghargaan sebagai Best Speaker dan Juara 3 dalam Lomba Debat Bergengsi yang digelar Bawaslu RI, Rabu (23/2/2022).
Tim yang memenangkan kejuaraan tersebut merupakan delegasi dari Fakultas Syariah dan Hukum yang berhasil menyabet Juara 3 dalam Kompetisi Debat Penegakan Hukum Pemilu Antar Perguruan Tinggi Se-Indonesia Ke-II Tahun 2022.
“Mereka yang menyumbangkan prestasi, Rahmatika Monati mahasiswi program studi Ilmu Hukum, Faraz Almira Arelia dan Enika Maya Oktavia, keduanya dari program studi Hukum Tata Negara Fakultas Syariah dan Hukum,” kata Kepala Bagian Tata Usaha dan Kehumasan UIN Sunan Kalijaga Muhammad Mahyudin SH MA, Kamis (24/2/2022).
Djelaskan, Tim UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sukses meraih juara ketiga setelah bertanding melawan UIN Sunan Gunung Djati dengan mosi KPU Wajib Melaksanakan Rekomendasi Bawaslu dalam Penanganan Pelanggaran Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota.
Tidak hanya menyabet Juara 3, Rahmatika Monati dari UIN Sunan Kalijaga merupakan satu-satunya peserta yang mendapatkan gelar Best Speaker pada kompetisi bergengsi tersebut.
Sebagai informasi, total kampus yang mendaftar dalam debat Penegakan Hukum Pemilu Perguruan Tinggi se-Indonesia ke-II ada sebanyak 276 kampus. Kemudian diseleksi dewan juri menjadi 32 besar yang ikut bertarung di Jakarta. UIN Sunan Kalijaga berhasil lolos babak final dan menjadi juara ketiga bersanding dengan UNDIP dan Universitas Indonesia.
Penutupan debat Penegakan Hukum Pemilu yang dimoderatori Choky Sitohang ini dihadiri seluruh pimpinan Bawaslu RI dan Sekjen Bawaslu Gunawan Suswantoro. (Feb)

BERITA REKOMENDASI