Mahasiswa UMP Ciptakan Permen Kulit Manggis Pencegah Kanker

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Karya inovasi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP), memproduksi permen dari bahan baku kulit manggis. Karya ini pun sekarang dapat dijadikan sebagai buah tangan dari Kabupaten Purworejo. 

"Produk yang diberi merk Punokawan Bugar ini dapat mencegah kanker. Penyakit kanker masih menjadi salah satu faktor kematian yang cukup tinggi. Disaping pula masyarakat belum dapat memanfaatkan limbah kulit manggis secara maksimal,” kata Ketua Tim Kelompok Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) UMP Dini Ken Rumantiningsih, Minggu (23/07/2017).

Dijelaskan,  berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013, prevalensi tumor/kanker di Indonesia mencapai 1,4 persen per 1.000 penduduk atau sekitar 330.000 orang. Kanker tertinggi di Indonesia pada perempuan yakni kanker payudara dan kanker leher rahim. Sedangkan pada laki-laki, kanker paru-paru dan  kolorektar. 
Selain itu, menurut data WHO tahun 2013, insiden kanker meningkat dari 12,7 juta kasus tahun 2008 menjadi 14,1 juta kasus tahun 2012. Sedangkan jumlah kematian meningkat dari 7,6 juta orang pada tahun 2008 menjadi 8,2 juta orang pada tahun 2012. Kanker menjadi penyebab kematian nomor 2 di dunia sebesar 13 persen setelah penyakit kardiovaskular.

Diperkirakan pada tahun 2030 insiden kanker dapat mencapai 26 juta orang dan 17 juta diantaranya meninggal akibat kanker, terlebih untuk negara miskin dan berkembang kejadiannya akan lebih cepat. “Atas dasar itu tim PKM-K UMP termotivasi untuk membuat sebuah produk berkhasiat yaitu permen kulit manggis yang kami harapkan dapat
membantu untuk mencegah penyakit kanker,” jelasnya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI