Mahasiswa Undip Ubah Sekam Jadi Biogas

SEMARANG (KRjogja.com)- Tiga mahasiswa Fakultas Teknik Lingkungan Undip angkatan 2012 terdiri Hashfi Hawali Abdul Matin, Indra Hukama Ardinata dan Larasati Gumilang Kencanawardhani memperoleh penghargaan best presentation pada ajang Sriwijaya International Conference on Engineering, Science and Technology (SICEST 2016) yang diselenggarakan Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya di Pulau Bangka.
 
"Selain ajang berkumpulnya peneliti lebih dari 20 negara, acara ini sekaligus sebagai media promosi peningkatan pariwisata Pulau Bangka," ujar Hasfhi saat melaporkan kegiatan pada wakil rektor III di kampus setempat, Rabu (23/11/2016).
 
Pada paparannya berjudul The Effect of Enzymatic Pretreatment and C/N Ratio to Biogas Production from Rice Husk Waste during Sold State Anarobic Digestion (SSAD), Hashfi menyatakan limbah sekam padi sangat melimpah di Indonesia sehingga harus ada terobosan untuk memanfaatkannya. 

Dia memiliki ide mengembangkan limbah yang pemanfaatannya sangat rendah tersebut menjadi barang yang bernilai dan bermanfaat di antaranya untuk biogas. (Sgi)

BERITA REKOMENDASI