Mahasiswi UMS Ini Bikin Obat Kanker dari Delima

Editor: KRjogja/Gus

SOLO, KRjogja.com – Wimmy Safaati Utsani, mahasiswa Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) lolos sebagai finalis Mahasiswa Prestasi 2018. Ia siap bersaing menghadapi 16 finalis jenjang sarjana yang lain serta 9 mahasiswa Diploma.

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional 2018 akan digelar di Solo, 09-12 Juli. "Saya sudah mempersiapkan diri untuk bersaing dengan finalis yang lain," kata Wimmy, mahasiswa semester 6 asal Kudus di kantor Kemahasiswaan UMS, Selasa (29/5).

Selain siap menjawab berbagai pertanyaan dengan bahasa Inggris, Wimmy juga akan memaparkan gagasan menarik dan memberi manfaat kepada masyarakat. Yakni terkait pengobatan kanker mulut secara herbal dengan cara spray. Dari gagasan ini diharapkan bisa meraih penilaian dari bidang pengembangan produk inovasi yang konon bobotnya 35 persen.

Obat kanker yang diusung Wimmy terbuat dari buah Delima. Ia siap mengekstrak dan mengemas dalam bentuk spray agar mudah digunakan. Penderita kanker rongga mulut cukup banyak ditemukan di negara berkembang. Buah Delima bermanfaat menghambat kanker.

Sebelumnya Wimmy merebut medali perak di ajang World Invention and Technology Expo (Wintex) 2018 di kampus ITB Bandung, Maret lalu. Ia menampilkan obat kanker payudara dalam bentuk permen.

Kabag Penalaran Ir Ahmad Kholiq Alghofari ST MS mengatakan Wimmy telah menjalani persiapan di camp didampingi drg Morita Sari MPH Dr PH sebagai pembimbing. (Qom)

 

UMS

BERITA REKOMENDASI