Majukan Pendidikan Kedirgantaraan DIY

BANTUL, KRJOGJA.com – Sebagai bentuk pengembangan dunia pendidikan terutama pendidikan kedirgantaraan di DIY, Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA) bekerjasama dengan Hanseo University Korea Selatan mengadakan MoU kerjasama. Kerjasama pendidikan ini meliputi penyelenggaraan seminar, penelitian, pertukaran dosen dan mahasiswa dan beasiswa S2 dan S3 untuk para dosen STTA ke Korea Selatan.

Ketua STTA, Marsda TNI (Purn) Dr. Ir. Drs. T. Ken Darmastono, M.Sc kepada KRJOGJA.com, Selasa (3/12/2019) menuturkan memajukan pendidikan dalam bidang teknologi kedirgantaraan ini membutuhkan kerjasama dengan banyak pihak termasuk universitas di luar negeri.

"Dunia kedirgantaraan dunia berkembang pesat. Butuh peran dan kerjasama antar universitas dunia dalam pengembangan pendidikan kedirgantaraan. Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki beberapa sekolah kedirgantaraan termasuk STTA sehingga wajib mengembangkan keilmuan lebih jauh lagi," ujarnya lagi.

Kepala Laboratorium terpadu STTA, Istyawan Prihapsara, S.T., M.Eng menambahkan MoU dipimpin langsung oleh Presiden Hanseo University, Dr. Kee Sun Ham. Adapun dari Presiden Hanseo Univesity, imbuh Istyawan mengaku apresiasi pelaksanaan kerjasama dengan STTA. 
Diharapkan dengan kerjasama dengan Hanseo University dapat meningkatkan kualitas dari tenaga pengajar dan mahasiswa STTA untuk menghadapi tantangan era globalisasi dan kemajuan teknologi dirgantara yang semakin berkembang pesat.

Selain kerjasama dengan universitas di Hanseo University Korea Selatan, beberapa kerjasama juga telah dilakukan di beberapa universitas lain seperti National Dong Hwa University (NDHU) Taiwan, Pathumthany University Thailand, Thonburi University Bangkok, University Of Science and Technology Of Hanoi (USTH) Vietnam.
"Saat ini ada dosen yang dikirim untuk menempuh pendidikan S3 di NDHU Taiwan," paparnya. (Aje)

BERITA REKOMENDASI