Masyarakat Thailand Minati Perguruan Tinggi Indonesia

BANGKOK,KRJOGJA.com –  Rombongan kepala sekolah (kasek) SMA/SMK Muhammadiyah dan sekolah umum se Jateng yang difasilitasi International Relationship Office (IRO) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus)  diterima Konsulat Republik Indonesia di Songkhla Thailand di kantor konsulat di Sadao Road, Muang Distric Songkhla Thailand,  Selasa siang (30/01/2018).

Kepada Wakil Rektor I Unimus Dr Sri Darmawati MSi,  Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jateng Dr H Rosihan SH MAg, Direktur IRO Unimus Muhammad Yusuf PhD dan para kepala sekolah serta belasan mahasiswa Keperawatan Unimus yang mengikuti short course di Thailand,  Kepala Perwakilan (Konsul) Triyogo Jatmiko didampingi Reno Dwi Hapsari (Vice Consul) dan Rendy Hadiputra Hadi Vice Consul) menyambut baik langkah Unimus dan PWM Jateng dalam menjalin kerjasama dengan Hatyai University,  Prince Songkhla University (PSU), Hatyaiwittayalai School dan beberapa lembaga pendidikan lain di Thailand, khususnya Thailand Selatan.  

Upaya tersebut sebagai salah satu langkah cukup strategis untuk jejaring internasional bagi Unimus dan para kepala sekolah peserta short course serta dalam rangka menawarkan pendidikan Indonesia ke masyarakat Thailand, khususnya Thailand Selatan.

 

Para kasek dan guru, pejabat Unimus, pejabat PWM Jateng dan belasan mahasiswa Fikkes Unimus berpose bersama Konsul RI di Songkhla Thailand Triyogo Jatmiko di kantor Konsul. (Foto Sugeng I)

 

"Indonesia sebagai salah satu negara tujuan pendidikan yang disukai warga Thailand termasuk masyarakat Thailand Selatan ini. Karena budaya kita dianggap tidak terlalu berbeda dengan Thailand,  dan keramah tamahan masyarakat Indonesia dianggap tulus termasuk dalam menawarkan pendidikan tinggi ke masyarakat Thailand dan kerjasama pendidikan kedua negara," ujar Konsul Triyogo Jatmiko yang tiap tahunnya dirinya banyak mengeluarkan Visa bagi masyarakat Thailand yang ingin belajar ke berbagai perguruan tinggi (PT) di Indonesia, melakukan semacam praktek kerja lapangan (PPL) ke Indonesia termasuk PT-PT Muhammadiyah di Indonesia.

Konsulat RI di Songkhla siap membantu PT Indonesia yang ingin melakukan kerjasama dengan PT di Thailand Selatan.  Termasuk membantu para dosen, mahasiswa atau siswa Indonesia yang ingin studi lanjut di Thailand Selatan,  PPL atau magang serta program lainnya di lembaga pendidikan di Thailand Selatan sehingga sasaran program bisa dicapai serta mahasiswa tidak salah dalam memilih tempat PPL, magang ataupun kuliah S2 dan S3 di Thailand Selatan. 

Konsul juga berharap agar pembuatan MOU dengan PT di Thailand dibuat sejelas mungkin dan detail sehingga dosen, siswa atau mahasiswa Indonesia dapat menjalankan programnya dengan baik dan lancar. Termasuk memperhatikan soal asuransi dan hal lain yang penting  demi kenyamanan, kelancaran dan keamanan dirinya menjalankan program yang diinginkan.. 

Wakil Rektor I Unimus Dr Sri Darmawati MSi dan Wakil Ketua PW Muhammadiyah Jateng Dr H Rosihan SH MAg sangat berterima kasih pada Konsul Triyogo Jatmiko beserta para pejabat Konsulat lainnya dalam menerima mereka di kantor konsulat.  Dukungan Konsulat RI di Songkhla sangat bermanfaat bagi Unimus, PW Muhammadiyah Jateng serta para kepala sekolah dalam rangka membuat jejaring internasional, khususnya di dunia pendidikan wilayah Thailand Selatan. (Sgi)

BERITA REKOMENDASI