Matematika untuk Kesejahteraan Masyarakat

YOGYA, KRJOGJA.com – Matematika: Jalan Kesejahteraan, demikian disampaikan Prof Ir Sudi Mungkasi PhD dalam Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Matematika, Jumat (27/5/2022) dalam Sidang Terbuka Senat Universitas Sanata Dharma (USD) di Ruang Drost, Lt 4 Gedung Utama Kampus 3 USD Paingan. Matematika digunakan untuk memodelkan masalah nyata. Selanjutnya model matematis diselesaikan, sehingga diperoleh fungsi ataupun nilai-nilai tertentu.

“Sebagai ilmu dasar, Matematika dapat dikembangkan secara otonom maupun bersama dengan ilmu lainnya. Namun akan lebih bermanfaat jika diterapkan, dan dikembangkan bersama dengan ilmu lain. Permasalahan kebencanaan biologis seperti pandemi Covid-19, misalnya, akan memerlukan perpaduan antara setidaknya dua bidang ilmu, yaitu ilmu matematika dan ilmu biologi. Permasalahan kebencanaan fisis seperti banjir dan tsunami memerlukan perpaduan setidaknya juga ilmu matematika dan ilmu fisika,” jelas Prof Sudi.

Melalui pemodelan dan simulasi, matematika dapat diterapkan untuk membangun sistem peringatan dini sebagai alat untuk meminimalisasi dampak bencana juga mendukung usaha pencapaian kesejahteraan hidup manusia. “Dalam arti, gangguan yang datang pada kehidupan manusia dapat dikurangi seoptimal mungkin dengan matematika yang dapat berperan sebagai jalan kesejahteraan,” jelas Guru Besar muda kelahiran Sleman, 6 Agustus 1982 ini.

Pendidikan Bapak dua putri, suami dari Asti Dwi Kusumawati SPd MPd ini menyelesaikan pendidikan dari SD Kanisius Totogan (1988-1994), SLTP Negeri 2 Berbah (1994-1997), SMAN 8 Yogyakarta (1997-2000), S1 Matematika UGM (2000-2004. menyelesaikan S2-S3 di Mathematical Science di Australian National University (2007-2013), meraih Profesi Insinyur dari USD 2021 Prof Sudi juga aktif dalam berbagai kegiatan keilmuan. Sebagai Dosen USD sejak CPNS 2005 hingga sekarang PNS Pembina IV A dan saat ini Prof Ir Sudi Mungkasi PhD juga menjabat sebagai Wakil Rektor 1 USD.

Pengukuhan Guru Besar Bidang Ilmu Matematika dengan Pembacaan SK Menteri Dikbudristek oleh Sekretaris Senat USD Dr Titik Kristiani MPsi. Pengukuhan sebagai Guru Besar dan Penyematan Samir oleh Ketua Senat/Rektor USD Albertus Bagus Laksana, SJ SS PhD kepada Prof Ir Sudi Mungkasi PhD.

“Sebagai seorang muda, keberhasilan Prof Sudi meraih Guru Besar sangat membanggakan civitas akademika USD. Waktu masih panjang, sekitar 30 tahun untuk Prof Sudi mengabdikan ilmunya sebagai guru besar,” ungkap Rektor USD Albertus Bagus Laksana SJ SS PhD dalam sambutannya.

BERITA REKOMENDASI