Mau Buka di Indonesia? Ini Syarat Bagi Kampus Asing

DENPASAR, KRJOGJA.com – Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan perguruan tinggi asing yang boleh masuk ke Indonesia harus memiliki peringkat 200 besar dunia.

"Perguruan tinggi dalam negeri saat ini tidak ada yang masuk 500 besar. Dengan adanya perguruan tinggi asing, kita berharap perguruan tinggi dalam negeri bisa berkompetisi," kata Nasir baru-baru ini.

Nasir mengatakan yang diperbolehkan masuk ke Indonesia hanya perguruan tinggi asing yang memiliki reputasi yang baik, salah satu ukurannya adalah peringkat di antara perguruan tinggi sedunia.

Menurut Nasir, mahasiswa Indonesia yang belajar di luar negeri saat ini mencapai 60 ribu. Yang paling banyak berada di Inggris, Australia, Malaysia dan China.

"Kalau ini terus dibiarkan, terjadi capital flight. Biaya hidup dan lain-lain pergi ke negara tujuan mahasiswa belajar," tuturnya.

Karena itu, dengan memperbolehkan perguruan tinggi asing masuk, Nasir berharap hal itu tidak terjadi sehingga Indonesia bisa menjadi lebih baik.

"Yang jelas kompetisi di Indonesia akan semakin sehat dan meningkatkan kualitas pendidikan tinggi. Kalau pendidikan tinggi tidak berkualitas yang menjadi korban adalah mahasiswa," katanya. (*)

BERITA REKOMENDASI