Melalui Digital Learning Ekosistem UT Yogyakarta Luluskan SDM Berdaya Saing

UNIVERSITA TERBUKA (UT) Yogyakarta melaksanakan kegiatan Upacara Penyerahan Ijazah periode II Tahun 2021 secara daring. Para wisudawan/wati dalam kegiatan tersebut berjumlah 1197 lulusan. Para lulusan telah menyelesaikan pembelajaran jarak jauh dengan penerapan digital learning pada program studi masing-masing pada fakultas yang ada di Universitas Terbuka yakni Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), serta Fakultas Sain dan Teknologi (FST). Mereka terdiri dari 209 lulusan dari Program Non Pendidikan dasar (non Pendas) dan 988 lulusan dari Program Pendidikan Dasar (Pendas).

Di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, UT Yogyakarta memang tetap berupaya memberikan layanan terbaik termasuk Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) namun tetap mengedepankan upaya pencegahan penularan virus corona. Karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19 kegiatan UPI ini dibagi menjadi beberapa rangkaian kegiatan yakni Pengambilan ijazah, Seminar dan Temu wicara, Upacara Penyerahan Ijazah secara luring dan daring.

Pengambilan ijazah dilaksanakan secara luring bertempat di Kantor UPBJJ-UT Yogyakarta. Guna menghindari kerumunan, Para calon wisudawan/wati yang berjumlah 1197 dibagi dalam 10 kelompok, setiap kelompok dijadwalkan mengambil ijazah pada hari yang berbeda, selama 10 hari pada tanggal 11 hingga 22 Oktober 2021 dengan tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat.

Seminar dan Temu wicara, dilaksanakan secara luring dan daring bertempat di hotel Harper pada hari Selasa, 2 November 2021. Selain dihadiri oleh Direktur dan para manajer, merupakan suatu kehormatan bagi kami Universitas Terbuka Yogyakarta, pada temu wicara kali ini hadir Prof Dr. Chanif Nurcholis, ketua Senat Universitas Terbuka untuk menyapa para wisudawan yang hadir secara daring dari tempat tinggal masing-masing.
Seminar dalam rangka UPI, mengangkat tema “Keberlanjutan Implementasi Digital Learning Ecosystem Dalam Membangun SDM Unggul Daerah”.

“Dalam seminar ini kami mengundang para pakar dan praktisi yang relevan sebagai nara sumber yaitu Didik Wardaya, S.E., M.Pd. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta. Nara sumber kedua Reni Tri Pujiastuti, S.Pd., M.M.G, M.A.P, Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Evaluasi Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman. Keduanya menyampaikan tentang prospek penerapan digital learning serta pengembangan perangkat pembelajaran digital yang interaktif. Selain kedua Nara sumber utama, Seminar UPI ini juga menampilkan pembicara para dosen dari Univeritas Terbuka Yogyakarta, yaitu Sudrajat, S.E, M.Sc, Andre Iman Syafrony, S.S, M.A dan Dr. Einstivina Nuryandani, S.Si., M.Si. Ketiganya mengetengahkan materi tentang keberlanjutan implementasi ekosistem digital learning,” jelas Chanif Nurcholis.

Upacara Penyerahan Ijazah, sebagai puncak acara dari rangkaian acara UPI diselenggarakan secara daring pada hari Rabu, 3 November 2021 bertempat di Hotel Harper Malioboro. Acara puncak ini dihadiri Direktur UT Yogyakarta Dr. Agus Santoso, M.Si. selaku tuan rumah serta mengundang sejumlah tamu undangan. Di antara tamu undangan yang hadir Bupati Gunungkidul Mayor Chb. (Purn.) H. Sunaryanta; Rektor Universitas Terbuka yang diwakili oleh Bapak Prof. Dr. Chanif Nurcholis, M.Si.; Ketua IKA UT Partogi Dame Pakpahan, M.Si. dan Pengurus Ikatan Alumni Universitas Terbuka, dan Para pengurus Pokjar.

Dalam rangkaian acara kegiatan UPI kali ini juga akan diberikan penghargaan kepada wisudawan terbaik; penghargaan kepada Tutor terbaik, dan pemberian beasiswa kepada 10 mahasiswa Universitas Terbuka dari Ikatan Alumni Universitas Terbuka (IKA-UT). Terpilih lulusan terbaik atas nama Hastin Tri Siswanti dari S1 PG PAUD dengan IPK 3,80 dan Agung Bayuaji dari S1 Ilmu Komunikasi dengan IPK 3,78.

UPI ini mengangkat tema yang sama dengan seminar sehari sebelumnya yakni Keberlanjutan Implementasi Digital Learning Ecosystem Dalam Membangun SDM Unggul Daerah. Tema ini selaras dengan tema peringatan Dies Natalis UT ke 37 tanggal 4 September 2021 yang baru lalu. UT memang telah menerapkan digital learning ekosistem. Sebagaimana disampaikan oleh Direktur UT Yogyakarta Dr. Agus Santoso, M.Si. yang menggaris bawahi sambutan yang disampaikan Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. pada puncak acara Dies Natalis ke-37 UT tersebut. Dirinya menyampaikan kontribusi besar UT bagi kemajuan pendidikan tinggi di Indonesia, terutama mengemban misi utama untuk membuka akses pendidikan tinggi berkualitas bagi semua lapisan masyarakat.

Para lulusan UT ini telah menempuh proses pembelajaran digital selama menempuh kuliah dengan mengikuti berbagai program yang diselenggarakan. Berbagai terobosan telah dilakukan peningkatan kualitas dan menegakkan kewibawaan akademik UT. Tutorial Webinar (Tuweb) merupakan layanan yang paling populer di masa pandemi melengkapi layanan tutorial online secara asynchronous yang sudah lama diikuti mahasiswa UT. Learning Management System (LMS) sebagai platform penting layanan pembelajaran jarak jauh terus di-upgrade dan customized agar semakin menarik dan berkualitas.

Wisudawan yang mengikuti UPI ini tidak hanya dalam proses pembelajarannya yang berbasis digital. Evaluasi pembelajaran yang ditempuh juga berbasis teknologi. UT memiliki sistem ujian online berbasis web yang bisa diikuti mahasiswa termasuk bagi mahasiswa yang menempuh ujian Tugas Akhir Program selama masa pandemi. Terobosan terkini, UT juga telah mengembangkan SUO yang dilengkapi dengan online proctoring yang akan semakin mempermudah mahasiswa dalam mengikuti ujian.

Pada gilirannya nanti para lulusan digadang-gadang menjadi SDM yang unggul di era 4.0 dengan penguasaan dan pemanfaatan sains dan teknologi TIK. Sebagaimana dalam sambutan Ketua Senat Universitas Terbuka Prof. Dr. Chanif Nurcholis mewakili rektor UT . SDM unggul adalah SDM yang mempunyai karakter dan kompetensi lebih tinggi dari rata-rata SDM bangsa lain. SDM unggul tidak hanya mampu menghafal tapi mampu menyusun kalimat baru, membuat wacana baru, melahirkan pemikiran baru, dan membuat karya dan produk baru baik yang sebelumnya belum ada maupun sudah ada tapi dimodivikasi sehingga menjadi barang baru. SDM unggul juga inovatif yaitu SDM yang kreatif dan hasil kreasinya dapat langsung dimanfaatkan dan digunakan untuk memudahkan dan memecahkan masalah yang dihadapi manusia.

Sementara Bupati Gunungkidul Mayor Chb. (Purn.) H. Sunaryanta dalam sambutannya di samping menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan para wisudawan menyelesaikan studi di Universitas Terbuka juga mengharapkan agar ilmu yang diperoleh dapat diwujudkan dalam aktivitas dan kontribusi di masyarakat. Perlu upaya praktis dan analitis dari ilmu dan teori yang dipeoleh selama kuliah agar semakin berguna bagi masyarakat luas.

“Kepada lulusan yang telah memiliki kemampuan penguasaan teknologi informasi dan internet saya berpesan agar bisa menyaring informasi yang ada. Harus mampu memastikan informasi valid dan akurat sehingga mampu menghindari misinformasi, disinformasi maupun malinformasi agar tidak menciptakan terjadinya disintegrasi. Saya mengharapkan agar kemitraan UT Yogyakarta dengan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul akan terus berlanjut,” pungkas Sunaryanta.(*)

BERITA REKOMENDASI