Mendikbud Minta Kuota Mahasiswa UPN Harap Dinaikkan

SLEMAN, KRjogja.com – Perayaan Dies Natalis UPN “Veteran” Yogyakarta ke-59 di Auditorium UPN, Jumat (15/12/2017) dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Muhadjir Effendy. 

Ikut hadir Dirjen Sumberdaya Iptek Kemristekdikti, Prof. Ali Ghufron Mukti dan Kapolda DIY. Dalam orasi ilmiahnya yang dihadiri ratusan mahasiswa bidikmisi UPN dan para tamu undangan, Muhadjir menyampaikan agar mahasiswa semangat dalam belajar dan tidak terbentur pada kondisi keuangan.

"Tahun 2017 ini terjadi penurunan jumlah rakyat miskin. Kalau yang jelas miskin sudah dapat berbagai jaminan sosial. Orang setengah miskin sangat rentan karena belum mendapat perhatian. Yang jadi kaya memang ada, tapi sisanya ini jika tidak diperhatikan bisa turun ke miskin," ujar mantan Rektor UMM 3 periode ini.

Muhadjir juga memaparkan beberapa kemajuan Indonesia. Diantaranya indeks pembangunan manusia yang mengalami peningkatan, angka inflasi yang terkendali, dan bertambahnya jumlah Kartu Indonesia Pintar yang dibagikan. Sebagai penutup, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini imemberikan saran kepada UPN.

“UPN ini sangat besar. Jumlah mahasiswa 14ribu ini masih sedikit. Bisa dinaikkan sehingga banyak masyarakat yang menikmati fasilitas di UPN. Saran saya seleksi agak diperlonggar dan keluarga miskin diberi ruang. Saya kira dengan memberi kesempatan pada mahasiswa kurang mampu merupakan bagian dari bela negara,” (MG 19)

BERITA REKOMENDASI