Menristekdikti: Lulusan Harus Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0

SEMARANG,KRJOGJA.com – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir  memberikan pengarahan tentang dampak revolusi industri 4.0 di kampus Undip Tembalang, Rabu (28/03/2018).

Menurutnya, tantangan era revolusi industri 4.0 sudah di depan mata. Perguruan tinggi (PT) diharapkan menyiapkan kompetensi lulusan yang siap menghadapi revolusi industri tersebut dan PT harus bisa menjadi salah satu pionernya.

Menristekdikti mengimbau agar PT di Indonesia melakukan terobosan di era revolusi industri 4.0. Misalnya laboratorium bisa dibuat audiovisual karena ke depan kuliah ada tiga model yang akan dikembangkan yaitu face to face, blended learning, dan online learning system.

Nasir pun mengatakan dosen yang mengajar harus memiliki kompetensi inti keilmuan karena dosen tidak hanya sekedar transfer ilmu tetapi harus dapat juga memberikan inspirasi, menjadi teman, teladan dan memberikan pendidikan karakter kepada para mahasiswanya.

Dalam kesempatan itu pula Menristekdikti Mohamad Nasir didampingi  Rektor Undip Prof.Yos Johan Utama memberikan penghargaan kepada para dosen di lingkungan Undip untuk publikasi ilmiah terbanyak, sinta score terbanyak dan penerima hak cipta terbanyak (sgi)

 

 

BERITA REKOMENDASI