Menteri PPPA Apresiasi Peraturan UGM Terkait Kekerasan Seksual

YOGYA, KRJOGJA.com – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati yang dikenal juga Bintang Puspayoga memberikan apresiasi kepada UGM atas upaya yang dilakukan dalam mencegah dan menangani kekerasan seksual di lingkungan kampus. Hal ini disampaikan saat berdiskusi dengan jajaran pimpinan UGM, Selasa (17/5/2022) di Ruang Multimedia, Gedung Pusat UGM.

“Saya sampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada jajaran UGM, sebelum disahkan UU TPKS kampus ini sudah mendahului melalui peraturan rektor untuk melakukan pencegahan dan penanganan kekerasan seksual,” katanya.

Peraturan yang dimaksud adalah Peraturan Rektor UGM No 1 Tahun 2020 tentang Pencegahan dan Penanganan Kasus Kekerasan Seksual oleh Masyarakat Universitas Gadjah Mada.

Ia juga memberikan apresiasi terhadap Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Pendidikan Tinggi yang juga telah mengeluarkan Peraturan Mendikbud Ristek (Permendikbud) Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi.

“Diharapkan di Perguruan Tinggi dibentuk satgas untuk pencegahan dan penanganan kekerasan seksual,” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI