Miftakhul Sidik Juara Dua Lomba Seni Sastra Nasional

YOGYA, KRJOGJA.com – Dua mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yakni Miftakhul Sidik dan Risen Dhawuh Abdullah meraih juara dalam Lomba Seni Sastra Indonesia (LSSI) Universitas Brawijaya 2020. Miftakhul Sidik dengan cerpen berjudul ‘Tamu Nyonya Mery’ meraih Harapan 1, Risen DA dengan puisi berjudul ‘Malioboro Saat Pandemi’ meraih Harapan 3. Pengumuman pemenang telah disampaikan 7 September lalu. Bagi Miftakhul dan Risen DA, karya sastra sudah diakrabi setelah jadi anggota Komunitas Jagatnyala, Teater 42, Komunitas Sastra Hahahihi dan Komunitas Luar Ruang. Keduanya mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP-UAD.

Danang Sukantar MPd, Kabid Pembinaan Organisasi Kemahasiswaan dan Prestasi Mahasiswa, Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) UAD mengatakan, Lomba Seni Sastra Indonesia bertema ‘Wabah dan Solidaritas Kemanusiaan’ itu meliputi, baca puisi, menulis puisi, menulis cerpen dan menulis naskah lakon. Cerpen ‘Tamu Nyonya Mery’ ditulis selama 3 hari dan editing selama seminggu bisa menyisihkan 303 peserta dari 96 perguruan tinggi.

Menurut Miftakhul Sidik, dirinya tidak menyangka dapat meraih juara. “Selama ini, selain masuk komunitas sastra saya hanya membaca cerpen semata-mata karena hobi. Menulis karya karena senang dan kemarin tidak sengaja ikut lomba tersebut. Alhamdulillah dapat juara,” ucapnya, Rabu (16/09/2020).

Ditambahkan Danang Sukantar, prestasi mahasiswa UAD ini menjadi catatan tambahan serentetan prestasi mahasiswa selama pandemi Covid-19.  Sedangkan Gatot Sugiharto MH, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni berkomentar, mengapresiasi atas prestasi yang telah diraih 2 mahasiswa. Setidaknya mampu menyalurkan kreativitas dan menciptakan hal baru dalam berkarya sastra, baik cerpen maupun puisi. (Jay).

BERITA REKOMENDASI