Nama Maba UNY Ini Super Singkat, ‘Y’

Editor: KRjogja/Gus

NAMA calon mahasiswa (Cama) Universitas  Negeri Yogyakarta  (UNY)  ini  super singkat. Hanya  satu  huruf, yaitu Y. Kini ia diterima di program studi (Prodi) Pendidikan  Teknik  Mekatronika Fakultas Teknik UNY, melalui jalur ujian tertulis Seleksi Mandiri (SM).

“Iya  betul,  namanya  memang  satu  huruf. Di semua dokumen pendaftaran namanya hanya Y,” kata Wakil Rektor UNY Drs Wardan Suyanto MAEdD  sambil tersenyum ketika KR mengkonfirmasi apakah terjadi salah ketik atau ada huruf-huruf  yang terhapus, beberapa waktu lalu saat mengumumkan hasil SM UNY.

“Waktu ujian lalu juga ada yang  heran dan  nanya namanya siapa, begitu disebutkan cuma satu huruf, yakni Y, mereka pada kaget dan heran,”  kata Y saat ditemui di rumahnya di Gedongkiwo MJI/1025, Selasa (2/8).

Gadis kelahiran Yogyakarta 7 Desember 1997, itu  mengungkapkan  bagaimana  perjuangannya agar bisa studi di PTN. “Semua dijalani dengan tekun  dan sabar. Saya  juga kaget  bisa  diterima  di  UNY. Apalagi, selama ini nama saya juga terlihat aneh karena cuma satu huruf itu,” ungkap Y.

Y sendiri sudah menduga namanya sebagai salah satu orang dengan nama terpendek di Indonesia akan menarik banyak perhatian. Bukan kali ini saja sebenarnya. Di kampusnya sekarang, bisa dipastikan namanya merupakan nama paling pendek di UNY.

Meski cuma satu huruf, namun baginya nama itu tetap memiliki arti  penting, selain sebuah doa dari kedua orangtuanya, juga sebagai penanda identitas dirinya. Sebagai calon mahasiswa baru di UNY, serangkaian persyaratan administrasi juga dilaluinya seperti halnya calon mahasiswa pada umumnya.

Semua dijalaninya  dengan berliku, setelah dua kali gagal menembus UNY melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. “Alhamdulillah, setelah menjalani serangkaian   tes, akhirnya   bisa   diterima   di UNY,” ungkap alumni SMKN 2 Yogya ini.

Y sendiri setahun yang lalu sempat menjadi pemberitaan di berbagai media. Saat itu tengah ramai pemeberitaan nama-nama unik di Indonesia, seperti Tuhan, Syaiton, D dan lain-lain. Saat itu ia ditanya oleh wartawan tentang makna namanya.

"Saya kan tanya ke Bapak, apa nggak ada kepanjangannya? Terus bapak bilang, kalau ada yang tanya bilang aja nama kamu ini, Aiwinur Siti Diah Ayu Mega Ningrum Dwi Pangestuti Lestasi Endang Pamikasih Sri Kumala Sari Dewi Puspita Anggraini," kata Y waktu itu saat ditemui di SMK 2 Yogyakarta, Selasa (8/9/2015).

Mendengar jawaban ayahnya, Y langsung hafal. Sehingga bila ada yang menanyakan nama panjangnya ia sebutkan nama yang disebut oleh ayahnya. Dikatakan Y, menurut ayahnya nama itu dipilih karena unik. Saat ia lahir Indonesia tengah mengalami krisis sehingga ayahnya ingin memberi nama unik. Dipilihlah nama Y.  (R-3/*)

BERITA REKOMENDASI