Nitilaku 2019, Menteri – Menteri Ini Bakal Jalan Kaki dari Kraton ke UGM

SLEMAN, KRJOGJA.com – Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada(KAGAMA) bersiap menggelar Nitilaku 2019, Minggu 15 Desember. Beberapa mentri dari Kabinet Indonesia Maju dijadwalkan akan ikut berjalan kaki dari Pagelaran Kraton Yogyakarta hingga UGM. 

Baca Juga: Anak Penjual Soto Raih IPK 3,96 di UGM

Ketua Nitilaku Hendrie Adji Kusworo, Ph.D mengatakan kegiatan Nitilaku kali ini dikemas dalam bentuk pawai budaya dengan tema besar kebudayaan wayang dan semangat perjuangan. Nantinya konsep tema akan divisualkan melalui kostum dan atraksi dari kontingen. 

“Tema kebudayaan dan semangat perjuangan akan mempresentasikan kostum-kostum perwayangan, baju khas daerah dan perjuangan. Unsur kebudayaan dan semangat berbangsa serta bernegara akan dimunculkan melalui parade kostum tradisional dan atraksi seni budaya nusantara.Sebelum dilaksanakannya pawai alegoris rombongan akan dilepaskan dari Pagelaran Kraton oleh Relasi Kraton Yogyakarta dan UGM akan disegarkan kembali oleh Sri Sultan HB X, Rektor UGM dan Ketua PP KAGAMA, Ganjar Pranowo serta doa di pimpin oleh Ust. Wijayanto,” ungkapnya pada wartawan Jumat (13/12/2019). 

Para peserta pawai sendiri terdiri dari alumni dan undangan VVIP seperti Pratikno (Mensesneg), Mahfud MD (Menkopolhukam), Basuki Hadimuljono (Menteri PUPR), Retno Marsudi (Menlu), Airlangga Hartarto (Menperin) hingga Budi Karya Sumadi (Menhub). Sivitas akademika UGM mulai mahasiswa, dosen, hingga karyawan UGM, alumni UGM, KAGAMA, Ikatan Pelajar Mahasiswa Daerah (IKPMD) di Yogyakarta, Dharmasiswa, komunitas seni Yogyakarta dan masyarakat DIY juga akan terlibat. 

Tak hanya itu, nantinya bakal ada hiburab rakyat dari halaman depan boulevard UGM hingga PKKH UGM, dimana panggung hiburan rakyat sendiri di isi oleh berbagai komunitas KAGAMA, UKM Show, Dharmasiswa UGM, dan Komunitas Perempuan Berkebaya Yogyakarta.

“Di panggung utama bakal ada pertunjukka  Wira Pertiwi, The Dean Band hingga Elek Yo Band. Nantinya puncaknya bakal ada Didi Kempot yang saat ini sedang sangat fenomenal,” sambung dia. 

Baca Juga: Tunggu 30 Tahun, Alat Rontgen Hasil Penelitian Dosen UGM Akhirnya Diproduksi 

Sementara Rektor UGM Prof Panut Mulyono menyampaikan kegiatan niti laku merupakan daya tarik bagi warga UGM dan masyarakat Yogyakarta. Warna tersendiri dari pertemuan alumni UGM yang sudah tersebar di berbagai tempat diharapkan menjadi aura positif bagi masyarakat. 

“Ini salah satu agenda penting dari Dies Natalis di mana semua alumni UGM dari berbagai tempat berkumpul kembali dan bersilaturahmi. Harapan kami, kegiatan ini membawa banyak hal positif baik untuk warga UGM maupun masyarakat,” ungkap Panut. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI