OJK-UGM Adakan Pelatihan Keuangan Syariah

SLEMAN, KRJOGJA.com – Tahun 2017 merupakan tahun ke-25 operasi lembaga keuangan syariah di Indonesia. Meskipun banyak yang telah dicapai, tetapi perkembangan lembaga keuangan syariah di Indonesia belum benar-benar seperti yang diharapkan. 

Persoalan ini mendorong Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerja sama dengan Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) dalam menyelenggarakan Training of Trainers (TOT) Keuangan Syariah di Kampus FEB UGM.

Kepala Pusat Kajian Ekonomika dan Bisnis Syariah FEB UGM sekaligus Ketua Panitia TOT Dr. Akhmad Akbar Susamto menjelaskan TOT akan berlangsung selama tiga hari pada Selasa hingga Kamis tanggal 21-23 Maret 2017. "Kegiatan tersebut diikuti oleh 120 peserta yang merupakan dosen-dosen aktif dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta," ujarnya.

Akhmad memaparkan, tujuan penyelenggaraan TOT ini adalah untuk membekali peserta dengan pengetahuan dan pemahaman mengenai perkembangan terkini seputar keuangan syariah, meningkatkan kemampuan peserta menjadi trainer atau fasilitator pengajaran dan pelatihan keuangan syariah, serta memotivasi peserta untuk terlibat lebih aktif dalam pengembangan keuangan syariah, khususnya melalui pengajaran dan pelatihan keuangan syariah di perguruan tinggi.

Perguruan tinggi, menurut Akhmad, mempunyai peran penting dalam pengembangan keuangan syariah. Bukan saja sebagai institusi penelitian, pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat, melainkan juga sebagai organisasi non-profit yang melakukan transaksi keuangan dan pengelolaan aset. (*)

BERITA REKOMENDASI