Pandemi Belum Usai, Mahasiswa UNY Kembangkan Media Pembelajaran

YOGYA, KRJOGJA.com – Tim mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengadakan program kegiatan masyarakat berupa pelatihan media pembelajaran aplikasi digital di masa pandemi.

Aplikasi tersebut berbasis Augmenter Reality yang diberi nama PIN.AR. PIN.AR merupakan akronim dari ‘Pintar dan Augmeneted Reality’. Aplikasi ini telah digunakan oleh mitra tim, yakni SDN Tegalmulyo.

Tim yang dibimbing oleh Ariadie Chandra Nugraha ST., MT. ini berjumlah lima orang, yakni Kemal Hakim Bachmid prodi Pendidikan Teknik Mekatronika, Khasanah Rahmawati prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Nadila Putri prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Alifah Raihan Nur Hasanah prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, serta Faishal Aziz Rahmat prodi Pendidikan Teknik Mekatronika. Aplikasi berbasis marker-based ini dapat diunduh dengan minimal OS android 4.4 Kitkat dan maksimal 11.0 Redvelvet.

“Media ini sangat menjawab tantangan di masa pandemi ini yang sangat dikeluhkan oleh orang tua adalah paket kouta. Aplikasi PIN.AR ini menjadi solusi bagi anak-anak kami agar dapat belajar tanpa paket data, menyenangkan, dan bisa menimba ilmu dengan apliksi ini secara gratis. Caranya tinggal menscan marker pada buku panduan dan anak-anak dapat belajar dengan senang hati,” ucap Maryati selaku kepala sekolah SDN Tegalmulyo.

UNY

BERITA REKOMENDASI