Pandemi Belum Usai, Mahasiswa UNY Kembangkan Media Pembelajaran

Senada dengan pernyataan tersebut, Suratman selaku guru kelas mengatakan bahwa aplikasi ini sangat membantu dan mendukung guru dalam menyampaikan materi.

Kemal Hakim menuturkan, aplikasi ini dapat dijadikan salah satu media pembelajaran interaktif dan menarik di masa pandemi maupun pasca pandemi. Adapun materi yang ada dalam aplikasi PIN.AR ini ialah materi tematik siswa kelas 5 sekolah dasar.

“Metode pelaksanaan program ini ialah penyusunan panduan penggunaan program, pembuatan program, penyuluhan, pelatihan, pendampingan, implementasi pembelajaran, pelaporan, serta evaluasi,” ucap Khasanah selaku anggota.

Nadila mengatakan bahwa aplikasi PIN.AR ini sudah didemonstrasikan dan digunakan oleh pihak mitra, SDN Tegalrejo, pada jenjang kelas 5 SD. “Tim mahasiswa UNY memberikan angket kepada siswa berupa pemahaman materi pembelajaran, tingkat kesenangan penggunaan aplikasi, serta minat penggunaan PIN.AR.”

Hasil yang didapatkan ialah terjadinya peningkatan dari ketiga instrumen tersebut, sehingga pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran meningkat. “Aplikasi ini dapat digunakan sebagai media punjang buku pembelajaran di sekolah yang dikemas menggunakan visualisasi gambar 3D serta video pembelajaran agar dapat memudahkan pemahaman peserta didik,” ucap Alifah.

UNY

BERITA REKOMENDASI