Pandemi Momentum Wujudkan Merdeka Belajar

YOGYA, KRJOGJA.com – Pandemi Covid-19 jangan menjadi kendala dalam pembelajaran, sebaliknya bisa menjadikan lebih semangat dalam pembelajaran. Selain itu, pandemi ini justru merupakan titik lompatan terlaksananya merdeka belajar yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Demikian disampaikan Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Prof Ir Nizam MSc DIC PhD dalam webinar bertajuk ‘Paradigma Baru Pendidikan Tinggi di Era New Normal’, Sabtu (6/6/2020). Webinar diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Univesitas Janabadra (FT UJB), dipandu moderator Ketua PPK UJB Dr Nindyo Cahyo Kresnanto.

Menurut Nizam, merdeka belajar bisa diwujudkan dalam berbagai bentuk, seperti pembelajaran daring (dalam jaringan-online), proyek mandiri, program relawan kemanusiaan, dan penelitian bersama dosen/peneliti. Selama pandemi, justru kegiatan-kegiatan merdeka belajar semakin meningkat. “Lebih dari 3000 konten pembelajaran diunggah pada Sistem Pembelajaran Daring (Spada) Indonesia, dimana lebih dari 244 perguruan tinggi telah berkontribusi,” katanya.

BERITA REKOMENDASI