Pelatihan Enterpreneur Berbasis Online

Editor: Ary B Prass

Heni Siswantari dalam forum tersebut menyampaikan,  langkah-langkah mencari dan mengembangkan ide dalam membangun enterpreneur di masa pandemi Covid-19 bagi para guru TK. Bagaimana usaha yang sudah berjalan dapat lebih dikembangkan baik dari sisi kualitas maupun kuantitas sehingga mampu meningkatkan income peserta pelatihan.

Materi kedua disampaikan Wenerda tentang pemanfaatan media online (website, marketplace dan media online) sebagai sarana dalam mengembangkan kewirausahaan di masa pandemi. Didalamnya dijelaskan pula tentang bertransaksi aman secara daring serta mendeteksi sejak awal akun penjualan online yang berpotensi melakukan penipuan serta cara menindaklanjutinya. Peserta pelatihan melakukan praktik berupa pengambilan foto produk agar meyakinkan pembeli tanpa melakukan editing atau filter yang berlebihan sehingga terkesan lebih natural namun tetap menarik.

Dalam pengamatan Heni Siswantari, peserta pelatihan sangat antusias mengikuti pelatihan ini mengingat sekitar 50 persen peserta pelatihan memiliki usaha baik dalam bentuk produk maupun jasa.

Hal ini membuat diskusi semakin menarik karena selama ini media online yang digunakan baru terbatas pada media social (facebook) dan media online (whatsapp) dalam mempromosikan produk masing-masing. Melalui pelatihan ini para peserta mulai berani untuk merambah media lain seperti shopee, tokopedia, dan lain sebagainya. “Pelatihan selanjutnya sangat dinantikan oleh para peserta guna melakukan pendampingan dan evaluasi penjualan dengan media online yang dijalankan dalam beberapa waktu ke depan.” tandasnya. (Jay)

 

BERITA REKOMENDASI