Pelatihan Kader Posbindu, Unriyo Wujudkan Kampus Sehat

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebagai Kampus Perintis Kesehatan, Universitas Respati Yogyakarta (Unriyo) memberikan pelatihan kader Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) dan Kader Kesehatan Mahasiswa, 28-29 Oktober 2021 di.Kampus Unriyo, Jalan Raya Tajem km 1,5 Maguwoharjo, Depok, Sleman.

“Hari pertama Kamis (28/10/2021) dilaksanakan seminar pelatihan pada 35 dosen, staf dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman dan UGM untuk prosedur pengecekan kesehatan setidaknya 3 bulan sekali,” tutur Wakil Rektor II Unriyo Dr Setyanto DEA, saat meninjau pelaksanan Posbindu, Jumat (29/11/2021) hari kedua. Sebelumnya Rektor Unriyo Kamis (28/11/2021) Rektor Unriyo Prof Dr dr.Santoso MS SpO membuka Posbindu.

“Pengecekan kesehatan rutin penting untuk menjaga pola hidup sehat. Sebab bisa terjadi ketika lulus kuliah gagal mendapat pekerjaan karena hasil tes kesehatan buruk,” ucap Dr Setyanto.

Koordinator Posbindu Sri Wulandari SSIT MKes menambahkan hari kedua ini 35 dosen dan staf yang telah mendapat pelatihan, praktek langsung melakukan pemeriksaan kesehatan pada 175 mahasiswa dan civita akademika untuk mengetahui status kesehatan.

“Dengan urutan pendaftaran, screening kesehatan dengan cek tensi berat badan, lingkar perut, pemeriksaan laboratorium (gula darah, asam urat, dan lainnya. Bila ditemukan gangguan kesehatan bisa melakukan konseling dan dirujuk ke Puskesmas atau RS,” jelasnya. (Vin)

BERITA REKOMENDASI