Pelatihan Penyusunan Soal Matematika Tipe AKM dan Rute MathcityMap

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com – Ujian Nasional (UN) telah resmi dihentikan penyelenggaraannya oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak tahun 2020 lalu dan diganti dengan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Survei Karakter.

“Adapun di dalam asesmen nasional terdapat tiga instrumen, yakni Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar,” kata Puguh Wahyu Prasetyo MSc, sebagai salah satu narasumber pelatihan, Kamis (17/06/2021).

Dijelaskan Puguh, AKM sendiri merupakan penilaian atau pengukuran kompetensi secara mendasar yang dibutuhkan oleh peserta didik untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi pada masyarakat. Aspek yang diukur kemampuan literasi peserta didik.

“Lierasi sendiri merupakan kompetensi yang wajib dimiliki yang sekaligus menjadi bekal dalam berkompetisi maupun berkolaborasi sebagai tuntutan dalan kompetensi abad 21,” ujarnya.

Pelatihan berbasis materi AKM dilaksanakan secara daring dengan pertemuan sinkron melalui google meet selama dua hari, 9 dan 10 Juni 2021 lalu.

BERITA REKOMENDASI